by

Pemdes Waeperang Gelar Pelatihan Pemutakhiran Data IDM

Pemerintah Desa (Pemdes) Waelapia, Kecamatan Teluk Kaiely, mengadakan pembekalan bagi tim pokja relawan terkait pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Desa Waeperan, Kamis (27/5), menghadirkan Pendamping Desa Waeperang Rufaiga Assegaf dan Tenaga Infrastruktur (PDTI) Enda Kemalasari Sella sebagai pemateri. Hadir juga Camat Lilialy, Moh Nasir Waiulung.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeperang, Asnawi Ang, mengatakan, pemutakhiran data IDM berbasis SDGs menjadi salah satu ukuran dalam menentukan Dana Desa tahun 2022, terkait alokasi afirmasi dan alokasi kinerja pemerintah desa sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa.


“Nantinya melalui data ini akan menjadi rekomendasi atau rujukan bagi pemerintah desa, untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) di Tahun Anggaran 2022 dan APBDesa Tahun Anggaran 2022,” kata Asnawi, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (27/5).

Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, terangnya, salah satunya mengatur tentang pendataan desa dan memastikan ketercapaian SDGs Desa.

Pemutahiran data IDM berbasis SDGs Desa, katanya, bertujuan untuk mempercepat tercapainya pembangunan desa berkelanjutan, diantaranya, pembangunan sarana dan prasarana desa, pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, maupun pengembangan potensi ekonomi lokal.

“Tujuannya untuk validasi data kependudukan yang akurat dan terpercaya, untuk bahan evaluasi dalam rangka penyaluran anggaran Dana Desa tahun 2022,” ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, Asnawi berharap, dapat meningkatkan pemahaman para stakeholder, tentang bagaimana arah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, dalam upaya meningkatkan status IDM dan memajukan serta memandirikan masyarakat desa.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Desa Waeperang dan tim pokja relawan, yang bertugas untuk melakukan pemutahiran data IDM kedalam SDGs Desa.

“Saya harap dengan adanya kegiatan ini, para peserta pelatihan (tim pokja) mendapat gambaran tentang materi yang sudah disampaikan oleh nara sumber tadi. Yang paling penting terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan di desa. Selain itu, peserta yang terlibat dalam tim Pokja sesuai SK kepala desa nomor 09 THN 2021, dapat mengikuti kegiatan dengan baik serta bertanggungjawab, agar pendataan di lapangan mendapatkan hasil pendataan yang dapat dipercaya.” Pungkasnya (MG-1).

Comment