by

Pemdes Waeprea Tetapkan 83 KPM Penerima BLT

Pemerintah Desa (Pemdes) Waeprea, Kecamatan Waplau, menetapkan sebanyak 83 Warga akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa tahun anggaran 2021.

Jumlah itu tetapkan melalui hasil Musyawarah Desa (Musdes), yang yang dilaksanakan di Aula Desa Waeprea, awal tahun 2021 lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeprea, Nursan Buton, mengatakan, angka 83 KPM itu merupakan hasil verifikasi dan tinjauan, berdasarkan kondisi dan kriteria yang telah ditentukan.

“Jumlah penerima BLT di Desa Waeprea sebanyak 85 KPM. Itu diputuskan lewat musyawarah penetapan penerima BLT. Dan sudah dilihat dari semua kondisi yang ada,” kata Nursan, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (29/4).

Sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat, bahwa orang berhak menjadi calon penerima BLT tahun ini adalah orang-orang yang belum tersentuh oleh bantuan dari pemerintah, seperti bantuan PKH, BST, dan bantuan lainnya.

Karena itu, dia menegaskan, bahwa sebelum dilakukan penetapan, tim pendataan harus memetakan siapa saja warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan lain.

“Lalu dipisahkan dulu dengan penerima PKH, BST atau bantuan lainnya, baru kemudian kita data untuk penerima BLT. Sehingga menghasilkan angka 85 KPM,” ungkapnya.

Lanjutnya, prioritas yang menjadi penerima BLT DD tahun ini di Desa Waeprea, yakni, masyarakat yang sudah lanjut usia, janda atau duda, dan mereka yang berumah tangga baru.

“Jadi yang penerima BLT ini diprioritaskan kepada orang tidak dapat PKH, yang bantuan tidak pernah menyentuh bantuan dari pemerintah. Itu yang di prioritaskan. Selain itu, berikutnya lansia, maksudnya yang usia-usia lanjut. Kemudian janda-janda dan duda, dan rumah tangga baru, karena rumah tangga baru juga belum masuk ke PKH sama BST. Dan mereka sementara sibuk pengurusan berkas admnistrasi, seperti KTP, KK dan lain-lain,” Pungkasnya (MG-1).

Comment