by

Pemdes Waetele Sediakan Rp 142 Juta Untuk Pemberdayaan

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Waetele, Kecamatan Waeapo, pada tahun 2021 ini menyediakan anggaran sebesar Rp 142 juta lebih untuk program pemberdayaan.

Hal tersebut sesuai hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) yang digelar pada tanggal 4 Februari lalu, di Aula Desa Waetele.

Pada pelaksanaan Musrembangdes tersebut, ada beberapa program yang akan diprioritaskan pada tahun 2021.

Penjabat Sekertaris Desa (Sekdes) Waetele, Joko Suwito Sadiokaryo, mengatakan, ada beberapa usulan program kerja yang menjadi skala prioritas di tahun ini.


Dari usulan tersebut, akan dibagi menjadi dua sub bidang, yakni, bidang pelaksanaan pembangunan dan bidang pemberdayaan.

“Sesuai hasil musrenbang kemarin, kami menetapkan dua sub bidang yang menjadi prioritas di tahun ini,” kata Joko Suwito, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (2/3).

Dalam bidang pelaksanaan pembangunan, terdapat 3 program kerja yang diprioritaskan. Yakni, pembangunan drainase, pembangunan gorong-gorong, pembangunan jamban sehat.

Dari ketiga program itu, katanya, anggaran yang disediakan Pemdes Waetele melalui Dana Desa (DD) sebesar Rp. 332.646.000.

Selain itu, lanjutnya, ada juga program ketahanan pangan dimasa pandemi Covid-19. Sehingga perlu ada peningkatan tanaman pangan, serta pengembangan kelompok usaha produktif.

“Kalau di bidang pemberdayaan, fokus kami cuman 2 program. Yaitu, peningkatan tanaman pangan dan pembentukan kelompok usaha produktif. Anggarannya itu sebesar Rp. 142.475.000,” pungkasnya. (MG-1)

Comment