by

Pemdes Waeura Lunasi Gaji Perangkat Desa

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waeura, Kecamatan Waplau, melakukan pelunasan pembayaran gaji seluruh perangkat desa tahun anggaran 2020, di Balai Desa Waeura, Selasa (22/12).

Pembayaran penghasilan tetap atau siltap kepala desa dan seluruh perangkat desa tersebut dari Alokasi Dana Desa atau ADD.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waeura, Mahyudin Marasabessy, mengatakan, pembayaran siltap yang dilakukan tersebut untuk Desember atau bulan terakhir di 2020.


“Iya, pembayaran siltap atau gaji seluruh perangkat desa dan staf aparatur terkait di Desa Waeura, untuk bulan Desember saja. Satu bulan terakhir,” kata Mahyudin, kepada Beritakota Ambon, Rabu (23/12).

Gaji perangkat desa sudah diatur pemerintah pusat lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019, tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam Pasal 81 PP tersebut, penghasilan tetap kepala desa, sekretaris desa, dan perangkat desa dianggarkan lewat APBDesa, yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD).

Untuk itu, kata dia, pembayaran tersebut dilakukan karena tugas perangkat desa telah membantu Kepala Desa (Kades) dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Pembayaran gaji perangkat desa ini agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka, karena mereka sudah mengabdi kepada masyarakat di desa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan dibayarnya gaji perangkat desa tersebut bisa membantu kehidupan keluarga mereka. “Semoga dengan dibayarnya gaji perangkat desa ini, mereka bisa memanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (MSR)

Comment