by

Pemdes Waimiting Anggarkan Rp 288 Juta Untuk BLT

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waimiting, Kecamatan Lilialy, menyediakan anggaran sebesar Rp 288 Juta dari Alokasi Dana Desa (ADD), bagi calon penerima BLT tahun 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kades Waimiting, Sadola Alu, mengungkapkan, ADD yang akan digunakan untuk penyaluran BLT itu dihitung berdasarkan jumlah penerima, kemudian di kali dengan jumlah nominal Rp 300 ribu per KPM, selama setahun atau 12 bulan.


“Jadi alokasi ADD disiapkan untuk khususnya BLT tahun ini, di hitung berdasarkan jumlah KPM kemudian kali 300 ribu, hasilnya dikali selama 12 bulan,” kata Sadola, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (23/3).

Sesuai dengan hasil Musdes khusus yang dilaksanakan oleh Pemdes bersama BPD Waimiting, telah disepakati jumlah penerima BLT tahun 2021 sebanyak 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 2222 tentang pengelolaan DD, memutuskan besaran nominal BLT dana desa dengan nilai Rp 300 ribu per bulan.

Jika dikalikan per KPM Rp 300 ribu per bulan selama setahun, maka setiap penerima BLT akan mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah sebesar Rp 3.600.000 per KPM selama setahun.

Dia berharap, supaya anggaran yang sudah ditetapkan sebesar Rp 288 tersebut, bisa membantu masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

“Saya harap dana ini, bisa memberdayakan ekonomi masyarakat, sehingga pemerintah pusat tidak sia-sia mengeluarkan anggaran sebesar ini,” pungkasnya.(MG-1).

Comment