by

Pemdes Waimiting Mulai Jalankan Program 2021

Pemerintah Desa (Pemdes) Waimiting, Kecamatan Lilialy, mulai menjalankan program kerja desa untuk tri wulan pertama, setelah pencairan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021, 9 Mei lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waimiting, Sadola Alu, mengatakan, untuk program pembangunan desa tahun anggaran 2021 pada tri wulan pertama, difokuskan pada tindaklanjut renovasi Masjid Al-Habsig.

Selain itu, ada juga perbaikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Waimiting.

“Kalau untuk tahun 2021, kegiatan pembangunan yang berjalan cuma pembuatan spandek untuk teras masjid Desa Waimiting, serta perbaikan TPU,” ungkap Sadola, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (19/5).

Untuk biaya pembangunan spandek masjid, katanya, murni mengandalkan ADD saja. Belum ada bantuan dari swadaya masyarakat.


Menurutnya, pembangunan spandek teras masjid merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Karena masjid bukan diperuntukan sebagai tempat shalat saja, namun juga merupakan pusat kegiatan sosial kemasyarakatan, baik itu pendidikan mau pun kegiatan keagamaan lainnya.

“Kita percepat dulu pembangunan masjid ini, dalam hal ini perbaikan, supaya di halaman mesjid ini masyarakat bisa gunakan juga ke hal yang lain. Misalnya kegiatan keagamaan atau yang lain,” terang Sadola.

Lanjutnya, untuk sementara, program pembangunan fisik yang akan dilaksanakan hanya dua. Belum ada program lain, sebab sampai saat ini belum ada pencairan Dana Desa (DD).

Dia berharap, dalam waktu dekat, sudah ada pencairab DD tahap satu. Sehingga sejumlah program kerja yang telah dirumuskan untuk tri wulan pertama dapat dilaksanakan.

“Yang cair ini baru ADD. Jadi kami jalankan dua program dulu, khusus pembangunan fisik. Selan itu kan ada pembayaran insentif, seperti, pembayaran gaji untuk semua aparatus desa di Waimiting. Makanya kami harap, Minggu ini sudah bisa cair Dana Desa, supaya bisa jalankan program lainnya,” pungkasnya (MG-1).

Comment