by

Pemdes Wanakarta Bentuk Kampung Tangguh Nusantara

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Wanakarta, Kecamatan Lolong Guba, membentuk kampung tangguh nusantara sebagai upaya menekan penyebaran Covid -19.

Kampung tangguh nusantara merupakan program pemerintah dalam melawan penyebaran Covid-19, yang dimulai dari lingkungan terkecil. Yakni lingkungan pedesaan.

Salah satu poin penting dari program kampung tangguh ini, terang Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanakarta, Suparno, agar masyarakat tetap hidup sehat, produktif, tetap beraktivitas selama masa pandemi Covid-19.


“Pembentukan kampung tangguh ini kan dimaksudkan untuk menekan penyebaran Covid-19, sekaligus kita dituntut untuk tetap hidup sehat dan produktif ditengah situasi pandemi Covid-19 ini,” kata Suparno, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (9/3).

Tujuan utama program kampung tangguh nusantara, katanya, agar masyarakat tetap tertib dan aman dari Covid-19, serta bisa meminimalisir dampak dari wabah virus corona.

Pembentukan kampung tangguh, katanya, disesuaikan dengan karakteristik dari setiap desa. Baik yang berbasis pertanian, perikanan, kesehatan, maupun ketahanan pangan. Karena kampung tangguh terdapat posko ketahanan.


“Ini kampung tangguh nusantara, dalam artian, Wanakarta ini memang dari berbagai bidang, baik itu dibidang kesehatan, hukum, bahkan dibidang ketahanan pangan pun untuk Wanakarta itu masih kuat,” ungkapnya.

Dengan menjadi kampung tangguh nusantara, katanya, Pemerintah Desa Wanakarta hendak meningkatkan kinerja lumbung warga, sehingga kondisi ekonomi masyarakat tetap terjaga.

“Kami tetap menjaga kinerja mereka, sehingga dengan kondisi ekonomi masyarakat itu tetap kuat dan Desa Wanakarta sendiri tidak terlalu terpengaruh oleh dampak Covid-19, ” pungkasnya.(MG-1).

Comment