by

Pemdes Wanakarta Galakkan Pencegahan Covid-19

Sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 keliling desa, terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Wanakarta, Kecamatan Lolong Guba.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanakarta, Suparno, mengatakan, sosialisasi keliling desa menggunakan sound sistem dirasa lebih menyentuh masyarakat, untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka tentang bahaya Covid-19.

Bahaya Covid-19, katanya, tidak bisa diremehkan. Sehingga Pemdes Wanakarta menyisihkan 8 persen dari anggaran DD, untuk penanganan virus corona.


Berbagai upaya yang dilakukan Pemdes Wanakarta, terangnya, sebagai bentuk keseriusan untuk melindungi masyarakat desa itu dari bahaya penularan Covid-19.

Sebab, lanjutnya, pemerintah desa dan masyarakatnya merupakan “ujung tombak” dalam upya memutus mata rantai penyebaran virus itu di Indonesia.

“Terus melakukan sosialisasi lewat tatap muka dengan masyarakat, maupun dengan langkah-langkah lain dalam bentuk pengumuman keliling menggunakan pengeras suara juga terus dilakukan,” kata Suparno, kepada BeritaKota Ambon, Senin (5/7).

Selain sosialisasi, lanjutnya, Pemdes Wanakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri, membentuk posko penanganan pencegahan Covid 19.

Posko itu juga dibentuk untuk mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.


“Kegiatan ini melibatkan semua unsur masyarakat, mulai dari pemerintah desa, TNI, Polri, toko masyarakat, perwakilan pemuda, tokoh agama, semuanya ikut serta dalam memerangi covid-19 di desa wanakarta,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa tersebut, masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya untuk mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

“Semoga masyarakat akan lebih memahami tentang pentingnya vaksin dalam memutus penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri dan tanpa paksaan, mau untuk divaksin,” pungkasnya. (MG-1)

Comment