by

Pemdes Wanareja Prioritaskan Penanganan Covid-19

beritakotaambon.com – Penggunaan Dana Desa (DD) tahap I di Desa Wanareja, Kecamatan Waeapo, diprioritaskan untu penanganan Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Kebijakan tersebut sesuai Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 Tahun 2020, tentang prioritas penggunaan dana desa, dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa.

Baca juga:
Bansos Kelurahan Benteng Terealisasi

Sesuai acuan tersebut, penggunaan DD tahun 2021 paling sedikit 8 persen dari pagu Dana Desa harus digunakan untuk pendanaan kegiatan penanganan pandemi Covid-19. Hal itu tidak termasuk dengan pendanaan BLT.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanareja, Ahmad Ansori, mengatakan, sesuai dengan APBDes tahun 2021, Pemerintah Desa Wanareja saat ini masih membatasi pembangunan fisik infrastruktur. Semua DD tahap I diarahkan untuk pendanaan BLT dan penanganan Covid-19.

“Sampai saat ini, kita masih berada dalam tahap I. Dimana untuk DD sendiri, prioritasnya memang masih setingkat untuk BLT. Jadi sesuai dengan mekanisme, untuk BLT yang ada di tahap I ini kita harus menyelesaikan 5 kali penyaluran atau 5 bulan. Alhamdulillah, kita saat ini sedang menunggu tahap akhirnya untuk bulan ke 5. Nanti setelah itu baru kita bisa cair untuk tahap II,” kata Ahmad Ansori, kepada BeritaKota Ambon, belum lama ini.

Baca juga:
Poka Rutin Yustisi PPKM
Baca juga: Honipopu Fasilitasi Internet Gratis Bagi Siswa

Terkait beberapa program yang diusulkan masyarakat, dia meminta mereka untuk bersabar. Karena masih dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, sehingga program fisik desa belum bisa dilakukan. (MG-1)

Comment