by

Pemdes Waprea Dorong Bumdes Sebagai Kekuatan Ekonomi Rakyat

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Waprea, Kecamatan Wapalu, berupaya mendorong Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) agar dapat menjadi kekuatan ekonomi masyarakat.

Upaya tersebut disampaikan melalui Forum Musyawarah Desa (Musdes), dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022, yang digelar di Aula Kantor Desa Waprea, Selasa (14/9).

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waprea, Nurdan Buton, mengatakan, ada dua program yang harus diprioritaskan kedepan. Diantaranya, peningkatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan murni dan pengembangan di sektor pendidikan keagamaan.

“Yang diperlukan kedepan itu, yaitu, perkuat ekonomi masyarakat dan pendidikan keagamaan. Untuk menghidupi kedua ini, bisa mealui Bumdes,” kata Nurdan Buton, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (16/9).

Menurut Nurdan, Bumdes memiliki peran dan fungsi yang penting untuk peningkatan kesejahteraa masyarakat desa. Salah satunya, BUMDes membantu pemerintah desa dalam upaya mengembangkan potensi sumber daya alam.

Baca juga: Pemdes Waeura Akan Dorong Peningkatan Sektor Pertanian

Selain itu, untuk memperkuat ekonomi masyarakat, harus dengan memberikan pemberdayaan murni kepada masyarakat.

Pemberdayaan Murni itu, katanya, berupa pemberdayaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, agar mereka tidak lagi mengharapkan batuan pemerintah.

Untuk itu, Nurdan berharap, keberadaan Bumdes dapat mengembangkan semua potensi ekonomi yang ada di Desa Waprea.

Baca juga:
Wanakarta Desa Inspirasi di Lolong Guba

“Sumber ekonomi di Desa Waprea ini lebih kepada perikanan dan pertanian. Namun karena sekitar 75 persen semua ke perikanan, sehingga Bumdes harus mampu melihat itu melalui pemberdayaan murni kepada masyarakat, seperti kita memberikan unpan balik berupa bantuan anggaran kepada pengepul yang mengambil hasil tangkap ikan tuna masyarakat disini,” terangnya.

Selain itu, sektor pendidikan juga menjadi penting ditingkatkan, guna meberikan kualitas generasi yang akan datang.

“Jadi memang perlu juga memperkuat anak didik, salah satunya pengadaan Paud dan TPQ,” pungkasnya.(MG-1)

Baca juga:
BLT DD Tahap I Desa Waprea Tuntas Disalurkan
Baca juga: Warga Karpan Diminta Perhatikan Gizi Anak

Comment