by

Pemdes Waprea Sediakan Anggaran DD Rp 300 Juta BLT

Pemerintah Desa (Pemdes) Waprea, Kecamatan Waplau, menyediakan anggaran Dana Desa sekitar Rp 300 juta lebih untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun anggaran 2021.

Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020, tentang pengelolaan dana desa.


Rp 300 juta lebih itu akan dibagikan kepada 83 penerima di Desa Waprea, untuk setahun.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waprea, Nurdan Buton, mengatakan, sebanyak 83 KK yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT tahun ini, ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah desa penetapan calon penerima BLT tahun 2021.

“Jadi alokasi anggaran DD untuk BLT tahun ini di Desa Waprea sebesar Rp 300 juta lebih, untuk 83 KPM,” kata Nurdan, kepada BeritaKota Ambon, Senin (3/5).

Dia menambahkan, untuk besaran nilai yang sudah di tentukan dalam PMK nomor 222 pasal 39, yakni, Rp 300 ribu per KPM selama 12 atau setahun. Sehingga dalam setahun, setiap KPM akan menerima 3.600.000.

“Masing-masing kan mendapatkan Rp 300.000 per bulan. Jadi tinggal di kali selama 12 bulan, maka hasilnya itulah yang didapatkan oleh setiap penerima BLT selama setahun. Nah kalau kita kali lagi dengan 83, maka akan menghasilkan jumlah anggaran yang disediakan untuk dana BLT,” terangnya.

Menurutnya, pemerintah desa tidak punya celah lagi terkait penyelewengan dana BLT DD ini. Sebab sudah diikat oleh peraturan perundang-undangan yang ketat.

Apalagi tahun ini, pengontrolan dan pengawalan terkait penggunaan Dana Desa sangat ketat dan transparans. Sehingga peluang untuk melakukan tindakan korupsi itu sangat sulit.

“Sekarang ini pemdes tidak bisa buat apa-apa, karena peraturan sudah ketat. Buktinya sudah banyak kepala desa yang diangkat (ditangkap, red-) itu, ” ujarnya.

Namun untuksaat ini, penyaluran BLT belum dapat dilakukan bagi KPM, sebab belum ada pencairan DD tahap I.

“Sekarang kami masih menunggu pencairan. Kalau sudah ada, langsung kami akan utamakan dulu pembagian BLT tahap awal kepada masyarakat,” pungkasnya (MG-1).

Comment