by

Pemdes Widit Telah Salurkan BLT Bulan Januari

Pemerintah Desa (Pemdes) Widit, Kecamatan Waelata, telah menyalurkan BLT Dana Desa (DD) tahap I untuk Bulan Januari 2021.

Penyaluran BLT tersebut dilakukan di Aula Balai Desa Widit, 7 Juli 2021 lalu, yang disaksikan Camat Waelata, tokoh adat, tokoh agama, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pendamping desa, BPD Widit.
Penjabat Kepala Desa (kades) Widit, Udin Belen, mengatakan, jumlah penerima BLT di Desa Widit sebanyak 67 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


“Orang yang berhak menerima BLT ini adalah mereka yang dalam kategori ekonominya tidak mampu, terus orangtua yang lansia, dan mereka yang belum tersentuh oleh bantuan lain,” kata Udin, pekan lalu.
Masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp 300.000, yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021, yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

“Ini sudah ketentuan PMK No 222 tahun 2020, tentang pengelolaan dana desa di tahun 2021 yang menekankan bahwa adanya pemberlakuan BLT DD selama 12 bulan (satu tahun), dengan masing-masing nominal Rp 300 ribu per KK,” ungkapnya.

Selain itu, kata Udin, penyaluran BLT dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki aula balai desa, mencuci tangan, serta mengenakan masker.

Dia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Saya berharap, dengan adanya BLT DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga, dalam menjalani hidup ditengah Pandemi Covid-19,” pungkasnya. (MG-1)

Comment