by

Pemdes Widit Tetapkan Hasil Penyusunan RKPDes 2021

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Widit, Kecamatan Waelata, menetapkan hasil penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021.

Penetapan hasil penyusunan RKPDes ini dilakukan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), yang dilaksanakan 26 Januari lalu.

Penjabat Kepala Desa ( Kades) Widit, Udin Belen, mengatakan, dari hasil yang sudah disusun oleh tim penyusun tersebut, menetapkan dua sub-bidang yang menjadi prioritas di Desa Widit


“Sesuai hasil penyusunan RKPDes 2021, ada dua bidang yang menjadi prioritas kami nanti, yakni pemberdayaan dan pembangunan, selain BLT ya,” kata Belen, kepada BeritaKota Ambon, Jumat (26/2).

Terkait bidang pembangunan, ia menyebutkan, ada empat kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di tahun ini.

Keempat kegiatan tersebut dihimpun berdasarkan penilaian kebutuhan masyarakat, guna peningkatan untuk kemajuan pembangunan Desa.

“Untuk di bidang pembangunan itu, ada perluasan jalan utama dengan panjang 320 meter, lebarnya 9 meter. Terus pembangunan pagar kantor desa dan pagar Paud, sama pembangunan gapura desa,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam bidang pemberdayaan, Pemerintah Desa Widit akan mengalokasikan sebagian Dana Desa guna memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa, yang melanjutkan studinya di daerah lain.

Untuk itu, dia menambahkan, pemberian bantuan keuangan itu bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

“Di pemberdayaan itu, kami akan berikan beasiswa untuk anak-anak kuliah. Targetnya itu 12 orang. Jadi per orang itu tiap semester Rp 1.500.000. Ini di anggarkan lewat DD,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga menyiapkan anggaran dari Dana Desa untuk memberikan bantuan pemberdayaan kepada anak-anak santri di Desa Widit.

“selain itu rencananya juga ada pengadaan kostum untuk anak-anak santri TPQ di Desa Widit,” Pungkasnya (MG-1).

Comment