by

Pemilik Sabu 3 Tahun Bui

Ambon, BKA- Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon akhirnya memvonis Achmad Ramlan Lating, terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu dengan pidana 3 tahun penjara dalam sidang yang berlangsung Selasa (22/12).

Pemuda yang bermukim di desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika bagi diri sendiri sebagaimana diatur dalam pasal 127 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Menyatakan, menetapkan saudara terdakwa supaya dipidana penjara selama tiga tahun , dipotong masa tahanan,”ungkap ketua majelis hakim,Yanti Wattimury Cs dalam amar putusannya. Disaksikan langsung PH terdakwa Dominggus Huliselan sedangkan JPU, J.W. Pattiasina.

Yang meringankan, terdakwa berlaku sopan dipersidangan, terdakwa belum pernah dihukum dan terdakwa mengaku tidak akan mengulangi perbuatan. Sedangkan yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika, serta perbuatan terdakwa membuat kesesahan di dalam masyarakat.

Sebelumnya, JPU dalam amar tuntutannya mengatakan, menuntut terdakwa Achmad Ramlan Lating agar dipidana penjara selama 3,6 Tahun bui.

JPU dalam amar tuntutannya menyebut, terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika bagi diri sendiri sebagaimana diatur dalam pasal 127 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika

Di dalam amar tuntutannya mengatakan, terdakwa memiliki 1 paket sabu saat tertangkap pada hari Jumat 24 Juli 2020 sekitar pukul 23.30 WIT di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi bahwa ada orang yang memiliki narkotika jenis sabu. Terdakwa mengaku mendapatkan sabu dari Aitong di Batumerah seharga Rp 1 juta. Mereka saling mengenal karena pernah tinggal sama-sama.

Terdakwa bukanlah pengedar sabu terdakwa adalah pengguna. Alasan yang menggunakan sabu untuk menambah stamina kerja karena terdakwa bekerja sebagai penagih distribusi di pasar. (SAD)

Comment