by

Pemilik Sabu Dituntut 3,6 Tahun Bui

Ambon, BKA- Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Ambon J.W. Pattiasina menuntut pemilik narkoba jenis sabu-sabu, Achmad Ramlan Lating dengan pidana penjara selama 3,6 Tahu bui.

Tuntutan ini dibacakan dalam persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim, Yanti Wattimury Cs, sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya, Dominggus Huliselan, dalam sidang Senin (21/12).

JPU dalam amar tuntutannya menyebut, terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika bagi diri sendiri sebagaimana diatur dalam pasal 127 undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika
“Meminta kepada ketua majelis hakim supaya menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 3,6 Tahun penjara, serta memerintahkan agar terdakwa tetap ditahan,” jelas JPU.

Di dalam amar tuntutannya mengatakan, terdakwa memiliki 1 paket sabu saat tertangkap pada hari Jumat 24 Juli 2020 sekitar pukul 23.30 WIT di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi bahwa ada orang yang memiliki narkotika jenis sabu. Terdakwa mengaku mendapatkan sabu dari Aitong di Batumerah seharga Rp 1 juta. Mereka saling mengenal karena pernah tinggal sama-sama.

Terdakwa bukanlah pengedar sabu terdakwa adalah pengguna. Alasan yang menggunakan sabu untuk menambah stamina kerja karena terdakwa bekerja sebagai penagih distribusi di pasar.

Usai mendengarkan tuntutan JPU, majelis hakim menunda sidang hingga pekan depan untuk mendengarkan pledoi dari kuasa hukum terdakwa.(SAD)

Comment