by

Pemkab Aru Gelar Swab Covid Masal

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru menggelar Swab Test massal yang diselenggarakan di Puskesmas Siwalima, kecamatan Pulau-Pulau Aru, Rabu (20/1).

Swab Test masal yang direncanakan selama 5 hari itu diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati, Johan Gonga-Muin Sogalrey, serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten tersebut.

Johan Gonga, mengatakan, Swab Test masal yang dilakukan tersebut merupakan langkah pencegahan terhadap meningkatnya pasien Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru, beberapa pekan terakhir.

“Swab masal ini untuk menyikapi meningkatnya pasien Covid-19 di Aru beberapa hari terakhir ini,” katanya.

Apalagi, katanya, ada sejumlah pasien Covid-19 yang merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG), yang kebanyakan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sehingga Pemkab Kepulauan Aru langsung mengambil langkah cepat, untuk melakukan pencegahan peningkatan penyebaran Covid-19 secara besar-besaran di kabupaten itu.

“Ada berapa pasien OTG di PNS-PNS, makanaya kita harus lakukan swan masal ini. Supaya kita bisa mengurangi angkah positif Covid-19 di Aru. Jadi kalau ada yang positif nanti, maka harus jalani isolasi terpusat dan mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Siwalima, Hadija Hasyim, mengatakan, mereka yang akan disuntik vaksin Covid-19, wajib melakukan Swab Test atau PCR, karena ada beberapa tahapan.

“Seseorang yang nantinya akan disuntik vaksin memang diwajibkan menjalani swab test. Karena ini juga merupakan syarat, guna memastikan mereka dalam kondisi sehat,” katanya.

Dia juga menjelaskan, sebelum di Swab, mereka terlebih dahulu menjalani proses scrining dan sesi wawancara. “Jadi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, pasti kita ketahui kondisi kesehatan mereka, apakah ada keluhan seperti demam atau ada memiliki riwayat penyakit lainnya. Karena pada prinsipnya, seseorang yang akan di suntik vaksin harus dalam kondisi sehat,” pungkas Hadija. (WAL)

Comment