by

Pemkab Batasi Peserta Upacara HUT Kemerdekaan

BURU-BKA, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru membatasi peserta, yang akan mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76.

Pembatasan tersebut terungkap dalam rapat persiapan 17 Agustus, yang dilaksanakan oleh Pemkab Buru, di Ruang Rapat Kantor Buru, pekan lalu.

Sekretaris Panitia Upacara HUT Kemerdekaan RI Pemkab Buru, Azis Tomia, mengatakan, persiapan penyambutan HUT Kemerdekaan Indonesia telah dilakukan di Kabupaten Buru, mulai dari tingkat kabupaten hingga di desa-desa.

“Jadi kesiapan kita dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, telah dilakukan. Dan kesiapan-kesiapan yang lain itu sudah disiapkan, dan sudah berjalan,” kata Azis, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (12/8).

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah Kabupaten Buru itu menjelaskan, dalam pelaksanaan upacara nanti, kepesertaannya dibatasi, karena mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemprov Dorong Pengembangan Dunia Usaha

“Khusus peserta, hanya melibatkan TNI Polri dan Satpol PP. Sementara siswa-siswa dan PNS yang lain itu, tidak dilibatkan, karena ini kita jiplak sesuai dengan Kementerian Sekertariat Negara,” ujar Azis.

Sekertaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru itu, mengatakan, ada tiga kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan HUT RI nanti. Pertama, upacara detik-detik proklamasi. Kedua, upacara penurunan. Ketiga, malam renungan suci.

Sekretaris Panitia Upacara HUT Kemerdekaan RI Pemkab Buru, Azis Tomia

“Jadi hanya tiga agenda itu yang dilaksanakan. Sampai saat ini, tidak ada agenda perlombaan yang menyarakan HUT Kemerdekaan Indonesia, karena situasi masih pandemi.Kita masih menerapkan PPKM yang ke 2 di Kabupaten Buru,” ungkapnya.

Walaupun tidak ada perlombaan yang dilaksanakan, namun dia menghimbau masyarakat untuk menyemarakan HUT RI dengan memasang bendera dan umbul-umbul.

“Tidak hanya di ibukota kabupaten, di desa-desa juga pasang bendera dan umbul-umbul. Pagar-pagar di desa itu kalau bisa di cat dan sebagainya, untuk menyemarakan HUT ini,” pungkasnya.(MSR)

Comment