by

Pemkab Bursel Bangun Puskesmas Rawat Inap

Ambon, BKA- Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), membangun Puskesmas rawat inap di Desa Biloro, Kecamatan Kepala Madan.

Pembangunan Puskesmas itu diawali dengan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, belum lama ini.

Dalam sambutannya, Tagop mengatakan, pembangunan Puskesmas berstandar nasional itu dilakukan diatas lahan sekira 10 hektar, yang anggarannya bersumber dari APBD Bursel Tahun 2020.

“Anggaran pembangunan Puskesmas bertaraf nasional ini bersumber dari APBD tahun 2020, dengan luas tanah yang dihibahkan secara tukar guling dengan masyarakat, seluas kurang lebih 10 hektar,” ujarnYA.

Di lokasi tersebut, katanya, bukan hanya dibangun Puskesmas, tapi juga dibangun sejumlah fasilitas Pemkab Bursel lainnya, seperti, Kantor Camat, Polsek Kepala Madan, Kantor Urusan Agama (KUA).

Puskemas ini, sambung dia, nantinya akan melayani pasien rawat inap, karena didukung oleh tenaga dokter maupun alat kesehatan. “Puskesmas yang lama, kita akan gunakan sebagai layanan untuk ibu hamil dan anak, dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kelahiran anak yang ada di Kecamatan Kepala Madan. Sedangkan Puskesmas yang baru akan melayani pasien rawat inap,” terangnya.

Kendati masih dalam situasi pandemic virus corona yang melanda Indonesia saat ini, namun perhatian Pemerintah Kabupaten Bursel di bidang kesehatan, tetap menjadi prioritas.

“Kalau tidak ada halangan, di tahun 2021 mendatang, kita juga siap membangun Puskesmas berstandar nasional di Kecamatan Waesama, Leksula, Fena Fafan dan Kecamatan Ambalau,” pungkasnya. (RHM)

Comment