by

Pemkab Buru Berduka, Kadis PMD Tutup Usia

Ambon, BKA- Kabar duka datang dari Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Buru. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, M. Yamin Maskat meninggal dunia, Kamis 4 Maret 2021, .

Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namlea, Jalan Butung Leong No.1 Desa Lala, Kacamatan Namlea, pukul 13.30 WIT.

Berdasarkan pantauan BeritaKota Ambon, jenazah almarhum tiba di Pelabuhan Kecil Namlea yang terletak di Jalan Prof. Dr.A.R. Basalamah, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, pukul 16.28 WIT, mengunakan mobil ambulance Rumah Sakit Namlea.

Setelah tiba di Pelabuhan Kecil Namlea, jenazah langsung diberangkatkan menggunakan speedboat menuju Kota Ambon untuk dikebumikan.

Turut melayat, yakni, para asisten Pemkab Buru, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buru, para Camat, para Kepala Desa dan ratusan para kerabat dan keluarga untuk mengatarkan almarhum ke speedboat.

Sekda Buru, Moh. Ilyas Hamid yang mewakili Bupati Buru, Ramly Umasugi, mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Kadis PMD Buru, M. Yamin Maskat.

“Beliau orangnya baik. Kami atas nama pemerintah daerah turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin. Kalau sakit itu, coba bicara dengan Direktur RSUD Namlea, dengan dokter yang tangani ya,” kata Ilyas, kepada BeritaKota Ambon.

Orang nomor satu di ASN Pemkab Buru ini menilai almarhum merupakan sosok yang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, maupun sebagai pimpinan di Dinas PMD Buru.

“Kami juga kehilangan Pak Yamin. Almarhum sosoknya baik dan orangnya bertanggung jawab selama ini,” tuturnya.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Namlea, dr. Helmi Koharjaya, mengungkapkan, untuk sementara ini masih menduga kalau penyebab kematiannya karena terpapar Covid-19.

“Beliau wafat jam 13.30 WIT. Beliau ini kita masih curiga aja corona, dikarenakan hasil ini nya (swab antigen) kan juga belum keluar, hasil antigennya juga belum ada,” kata dr. Helmi.

Selain itu, dr. Helmi menambahkan almarhum juga punya penyakit jantung, dimana ukuran jantung lebih besar dari ukuran normal. “Jantung beliau juga membesar,” pungkasnya. (MSR)

Comment