by

Pemkab Buru Gelar Pisah Sambut Kadisdikbud

beritakotaambon.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buru menggelar pisah sambut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Buru, di aula Kantor Dikbud Buru, Selasa (2/11).

Acara pisah sambut itu dari Abd. Rahim Umasugi yang telah memasuki masa purna bakti kepada kepada Dahlan Kabau sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas yang baru. Dahlan Kabau sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Dinas (Sekdis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru.

Dalam acara tersebut, ditandai dengan penandatanganan berita acara antara Abd. Rahim Umasugi dan Dahlan Kabau dan disaksikan serta ikut bertandatangan Sekda Kabupaten Buru, M. Ilias Hamid, beserta Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buru, Efendi Rada.

Selain itu, dilakukan juga serah terima jabatan (Sertijab) kepada Abd. Rahman R, sebagai Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru.

Baca juga: Bupati Buru Diminta Tutup Cafe Remang-Remang

Dalam sambutannya, Abd. Rahim Umasugi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran staf Disdik Buru, pengawas dari tingkat TK hingga SMP, jajaran pengurus PGRI Kabupaten Buru, atas kerjasama selama ini.

“SK 80 persen saya diterbitkan pada tanggal 1 Maret 1985, dan SK pensiun mulai berlaku pada 1 November tahun 2021. Sementara masa bakti saya berakhir dengan golongan 4D dan masa pengabdian saya sebagai ASN selama 35 tahun 8 bulan 21 hari. Akhir pengabdian saya di SKPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Baru sebagai kadis terhitung sejak tanggal 27 April tahun 2018 berarti 3 tahun 6 bulan 21 hari,” tutur Rahim.

Mantan Kadisdikbud ini, juga merasa bangga karena dirinya diberikan ucapan terima kasih oleh Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi. Karena menghadiri masa jabatan dengan tidak ada masalah hingga pensiun.

“Jadi beliau (Bupati) sampaikan terima kasih, saya sebagai bawahannya tersanjung-sanjung. Dan saya sampaikan turut terima kasih, karena seorang Bupati sampaikan begitu, berarti saya merasa bangga saya tidak perlu apa-apa, itu saja yang saya terima. Saya merasa bahwa itu yang saya bawa pulang ketika saya mengakhiri hayat nanti,” ucap dia.

Baca juga: Waegeren Bangun Gedung MI Secara Gotong Royong

Sementara itu, Dahlan Kabau mengucapkan terima kasih kepada mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Buru yang telah memberikan banyak pembelajaran selama bersama-sama di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru.

“Marilah sama-sama kita mensyukuri beberapa waktu setelah saya mendapat tugas sebagai pelaksanaan tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru, beliau telah banyak memberikan arahan dan banyak memberi motivasi-motivasi kepada saya,” ujar Dahlan.

Selain itu, Kabau mendapatkan pesan khusus dari mantan Kadis Pendidikan untuk bertanggung jawab terhadap pegawai yang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru.

“Mantan Kadis sebagai senior saya sampaikan terkait pelaksanaan tugas dari tukang sapu pun sampai yang paling atas itu, tanggung jawab saya dan saya siap melaksanakan itu dan selebihnya saya hanya bisa ucapkan ribuan terima kasih kepada semua teman-teman, mulai dari pewangi pada Dinas Pendidikan, Kepala Seksi, Kasubag, Kepala Bidan, pak Sekertaris, karena pak sekertaris juga adalah teman saya pada dua tahun lalu,” ungkapnya.

Baca juga: Pemdes Sanleko Akan Evaluasi BUMDes

Pria sejak 2013 di Dinas Pendidikan Kabupaten Buru ini menyampaikan syukur karena Abd. Rahman R menjabat sebagai Sekdis untuk memajukan dunia pendidikan di kabupaten penghasil minyak kayu putih ini.

“Semoga kita berpisah pada hari ini, tetapi bukan untuk selamanya, dalam bentuk koordinasi kita tetap meminta informasi maupun bantuan bapak (Mantan Kadis) terkait dengan hal-hal yang ada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru,” pungkasnya.

Selain Sekda, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buru, Muhammad Hurry, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Najib Hentihu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Buru, Norman Hamzah dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buru, Azis Tomia.

Kemudian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buru, Sifa Alattas, Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Buru, Oclaila Sulaiman, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buru, Achdam Syahfan Umasugi dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru, Istanto Setyadi.

Selanjutnya, Kasatpol PP, Buru, Karim Wamnebo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, Effendi Latif, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Buru, Kepala Dishub Kabupaten Buru, Jamaluddin Samak, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buru, La Midi serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buru, Imran Makatita. (MSR)

Baca juga: Tunggakan Pajak di Bursel Capai Rp 8 Miliar

Comment