by

Pemkab Buru Larang Jual Minuman Alkohol

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru mengeluarkan surat edaran larangan menjual minuman keras atau alkohol selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H 2021.

Untuk itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buru meminta seluruh tempat hiburan malam mentaati surat edaran tersebut.

Kepala Satpol PP Buru, Karim Wamnebo, mengatakan, berdasarkan surat edaran bupati, selama bulan Ramadhan tempat hiburan malam (THM) dan rumah makan tidak diperkenankan buka.

“Pada saat bulan ramadan ini kita sudah siapkan surat edaran atau semacam pemberitahuan ke masyarakat, khususnya pemilik cafe dan warung-warung makan. Kemudian tempat-tempat jualan minuman keras dan sebagainya itu, agar tidak melakukan aktivitas pada saat bulan Ramadhan, karena salah satu dari minuman keras ini adalah pemicu konflik dan lain sebagainya,” kata Wamnebo, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (15/4).

Selain surat edaran tersebut, kata dia, larangan tersebut tertuang juga dalam peraturan daerah. “Oleh karena itu, dengan adanya bulan Ramadhan ini sesuai dengan Perda kita juga itu dilarang sangat untuk kegiatan tersebut dilaksanakan pada di bulan Ramadhan,” ujar dia.

Selain itu, Wamnebo juga menjelaskan dilarang menjual-belikan petasan pada bulan Ramadhan, karena dapat menggangu masyarakat.

“Kemudian petasan juga dilarang, karena ini juga dapat mengganggu waktu-waktu ibadah. Oleh karena itu, kita juga telah membuat surat edaran yang nanti akan ditandatangani oleh pak Sekda, agar masyarakat tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kekhusuhan masyarakat dalam melaksanakan ibadah pada saat bulan suci Ramadan nanti,” ungkapnya.

Ia menambahkan, mulai hari Senin (12/4) lalu, itu sudah dilarang menjual minuman keras di Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Surat edaran sudah mulai berlaku dari hari Senin, sudah kita buat suratnya. Batas waktu untuk miras itu hari Senin (12 April 2021). Hari Senin sudah tidak ada lagi aktivitas karaoke-karaoke dan toko-toko yang jual miras sampai selesai lebaran,” pungkasnya. (MSR)

Comment