by

Pemkab Buru Perketat Prokes Masjid

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada semua masjid yang ada di kabupaten itu.


Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Buru, Karim Wamnebo, mengungkapkan, jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pemkab Buru terus berupaya untuk mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata Karim, yakni, memperketat penerapan prokes di setiap tempat ibadah. Hal tersebut sesuai hasil rapat koordinasi antara Pemkab dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Buru.

Untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya telah mulai melakukan sosialisasi tentang pentingnya penerapan Prokes setiap beraktivitas di luar rumah, termasuk saat ke masjid.

Sosialisasi itu dilakukan secara langsung maupun menggunakan poster dan baliho, serta menggunakan media lainnya.

“Mulai hari ini, kita sudah sosialisasi di beberapa masjid. Insya Allah, sosialisasi itu nanti akan dilakukan untuk semua masjid, terkait dengan pengunaan protokol kesehatan, agar masyarakat yang menuju masjid semua menggunakan masker dan tetap menjaga jarak dalam melaksanakan ibadah, sehingga tidak terjadi klaster baru di Kabupaten Buru,” kata Karim.

Untuk itu, dia berharap, media massa juga turut membantu mensosialisasikan upaya Pemkab Buru untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19, baik jelang lebaran maupun pasca lebaran.

“Junalis juga harus mengambil bagian dalam sosialisasi pentingnya protokol kesehatan melalui berita-beritanya,” terangnya.

Kasatpol PP Buru itu meminta masyarakat agar tetap taat terhadap Prokes yang telah ditetapkan untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19.

“Harapannya agar masyarakat bisa mentaati protokol kesehatan ini dengan baik, sehingga kita semua bisa terhindar dari wabah Covid-19 ini,” pungkasnya. (MSR)

Comment