by

Pemkab Buru Siapkan 5000 Rapid Antigen Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru mengeluarkan kebijakan, menggratiskan Rapid Test Antigen Covid-19 bagi pelajar dan mahasiswa yang melakukan perjalanan, dari Kota Namlea ke Ambon dan kota lainnya di Indonesia.

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Asis Tomia, mengungkapkan, Pemkab Buru tengah memesan 5000 peace alat Rapid Test Antigen.

Rapid Tes Antigen gratis itu juga akan diberikan bagi masyarakat tidak mampu, yang akan melakukan perjalanan.

“Jadi dalam masa pandemi ini, Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, mengeluarkan kebijakan terkait dengan rapid gratis khusus pelaku perjalanan, seperti pada tahun 2020. Untuk itu, kita memutuskan untuk menggratiskan pemeriksaan antigen, khusus untuk pelajar dan mahasiswa,” kata Azis, kepada BeritaKota Ambon, Jumat (2/7).

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah Kabupaten Buru tersebut, mengungkapkan, pelaksanaan Rapid Test Antigen gratis itu akan diatur, tidak berlaku bagi warga yang ber-KTP daerah lain.

“Untuk pelaksanaanya, yang bisa menggunakan Rapid Test Antigen gratis tersebut, khusus untuk mahasiswa atau pelajar yang ber KTP Kabupaten Buru. Untuk KTP diluar itu, tidak bisa,” ujarnya.

Selain itu, bagi warga tidak mampu, katanya, harus dibuktikan dengan keterangan pemerintah desa asal.

“Spesifikasinya nanti di tingkat desa. Kita kan tidak tahu masyarakat ini miskin atau tidak. Nanti kepala desa yang akan memutuskan, masyarakat yang berhak mendapat fasilitas rapid test gratis atau tidak,” pungkanya.(MSR)

Comment