by

Pemkab Buru Workshop Sosialisasi dan Pembinaan SPIP Menuju Level 3 Penuh

beritakotaambon.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru menggelar Workshop Sosialisasi dan Pembinaan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP), di Aula Kantor Bupati Buru, Kamis (2/9).

Kegiatan yang dilakukan Pemkab Buru itu bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Buru M. Ilias Hamid, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Buru dan peserta sosialisasi sebanyak 60 orang.

Sekda Buru, M. Ilias Hamid, yang mewakili Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, membuka Workshop Sosialisasi dan Pembinaan tersebut.

Kepala Inspektorat Kabupaten Buru, Sugeng Widodo, menyampaikan, kegiatan itu dilakukan untuk menghasilkan Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) yang memadai pada perangkat daerah Kabupaten Buru, serta dalam rangka penilaian Maturitas SPIP menuju level 3 Penuh.

Baca juga: Lapas Namlea-P2TP2A Buru, Siap Teken Kerja Sama

“Maka diperlukan adanya kerja sama berupa workshop dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Maluku, dalam implementasi pelaksanaan SPIP dan Penyusunan Rencana tindak pengendalian,” ucapnya.

Sekda Buru, M. Ilias Hamid, saat membacakan sambutan Bupati Buru, mengatakan, sistem pengendalian intern pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008, merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas pencapaian tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.

“SPIP bukan hanya upaya membentuk mekanisme administratif tapi juga upaya perubahan sikap dan perilaku peraturan pemerintah atau peraturan daerah tentang SPIP bukan suatu akhir tapi awal. Oleh karenanya, implementasi SPIP sangat memerlukan komitmen teladan pimpinan dan niat baik seluruh pejabat dan pegawai instansi pemerintah,” kata Sekda.

Ilias menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah, atas kerja keras dan sinergitas semua pihak, sehingga Kabupaten Buru selalu meraih prestasi.

Baca juga: SKD PPPK Non Guru Dilaksanakan September

“Diantaranya prestasi tindak lanjut LHP BPK tahun 2020 sebesar 73,83 persen rangkain dua kabupaten/kota se-provinsi Maluku, kemudian menduduki peringkat kedua berturut-turut tahun 2019-2020 MCP KPK kabupaten/kota se-provinsi Maluku, dan selanjutnya meraih opini WTP sebanyak 6 kali berturut-turut dan berbagai penghargaan lainnya,” ujar dia.

ASN nomor satu di Pemkab Buru ini menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama dalam melaksanakan tugas secara profesional, dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS.

“Menetapkan sikap dan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara menciptakan aparatur pemersatu bangsa serta mewujudkan visi dan misi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” pungkasnya.(MSR)

Comment