by

Pemkab Diminta Adakan Damkar Antisipasi Kebakaran

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBt, untuk segara melakukan pengadaan Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar).

Pengadaaan Mobil Damkat tersebut sangat penting untuk mengantisipasi perisitiwa kebakaran yang terjadi di Kota Bula, seperti peristiwa kebakaran yang terjadi dua hari bertutut-turut di awal Juli lalu.

Anggota DPRD SBT, Halaudin Sagey, mengatakan, Pemkab SBT melalui dinas terkait sudah seharunya melakukan upaya pengadaan Mobil Damkar. Sehingga pemkab dapat tanggap dan cepat mengantisipasi kebakaran yang terjadi ditengah masyarakat.


“Pemkab harus mengambil langkah cepat untuk mengadakan Damkar. Kapan saja, pasti dibutuhkan. Asalkan jangan tidak ada seperti sekarang. Selama ini, kita hanya dibantu oleh Polres SBT dan pihak Perusahan Citik dan Carlez. Seandainya kalau tidak ada pihak ini, mungkin warga kita yang kenah musibah kebakaran tidak bisa diselamatkan,” ucap Sagey, Senin (12/7).

Hal senada disampaikan Anggota DPRD SBT lainnya, Hasan Day. Bahkan dia menyesalkan sikap Pemda SBT yang tidak melakukan pengadaan Mobil Damkar.

“Saya sampaikan rasa kesal kepada Pemkab, karena tidak tanggap dengan beberapa persoalan kebakaran maupun musibah yang selama ini dialami warga,” kata Hasan Day.

Menurut Hasan Day, persoalan bencana memang takdir Tuhan. Namun Pemkab harus memiliki ikhtiar terkait persoalan tersebut, sebab peristiwa kebakaran bukan persoalan baru.
“Saya mencatat hampir tiap tahun bencana kebakaran itu terjadi, dan itu memakan korban. Tapi Pemkab tidak serius mengantisipasi persoalan ini. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak melindungi rakyat kita dari musibah,” tutupnya.(SOF).

Comment