by

Pemkab MBD Fasilitasi Korban Kebakaran

beritakotaambon.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD), menyiapkan fasilitas tempat tinggal bagi korban kebakaran di Desa Wakarleli, 13 November lalu.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD, Joshua Philipus, mengatakan, sebanyak 17 jiwa yang menjadi korban kebakaran saat itu diamankan di gedung mes Pemda.

“Korban kebakaran tersebut saat ini telah kita tempatkan di gedung milik Pemda, untuk ditempati sementara hingga pembangunan kembali tempat tinggal para korban,” katanya, Rabu (24/11).

Dia mengungkapkan, pada kebakaran 13 November lalu, terdapat sebanyak delapan bangunan mengalami kerusakan berat.

Untuk itu, Pemkab MBD akan berupaya untuk melakukan pembangunan kembali rumah layak huni bagi korban kebakaran. Namun itu disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Sedangkan terkait penanggulangan sementara korban kebakaran, terang Philipus, seluruhnya diberi tempat tinggal sementara, termasuk fasilitas air bersih dan peralatan tidur, kemudian kebutuhan dasar pangan dan kebutuhan dasar sandang.

Dia berharap, penanggulangan sementara tersebut dapat meringankan beban para korban kebakaran. “Tetapi Pemda tidak dapat menanggulangi kerugian usaha yang dialami oleh para korban, mengingat sebagian besar korban adalah pengusaha kelontongan, pakaian dan bangunan. Karena yang terbakar sebagian besar adalah tempat usaha,” pungkasnya. (GEM)

Comment