by

Pemkab MBD Gelar Doa Bersama

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar doa bersama untuk menopang terwujudnya kedamaian, kemakmuran, ketertiban dan keamanan bagi masyarakat di Kabupaten MBD.

Doa bersama berlangsung di gedung serbaguna Tiakur, Sabtu (3/4), dengan melibatkan seluruh tokoh agama baik Agama Islam , Kristen Protestan , Kristen Katolik beserta TNI/Polri dan jajaran Pemerintahan Kabupaten MBD.
Bupati MBD Benyamin Thomas Noach, dalam sambutannya menyebutkan, masyarakat MBD sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dalam umat beragama. Karena itu, MBD hingga kini ada dalam keadaan aman dan kondusif.

“Khususnya di wilayah Kabupaten MBD, sampai dengan saat ini dalam situasi aman dan kondusif. Bahkan tidak ada kejadian kejadian menonjol yang dapat merusak stabilitas keamanan di MBD, sekalipun beberapa waktu lalu negara Indonesia mengalami perisitiwa yang mengguncang stabilitas dan harmonisasi antar umat beragama,” ungkap Bupati.

Menurut dia, untuk mengantisipasi dampak dari peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar dan aksi teror yang terjadi di Mabes Polri Jakarta, maka pemerintah bersama aparat keamanan telah menghimbau kepada seluruh tokoh agama, untuk meyakinkan seluruh umat agar tidak terprovokasi oleh peristiwa tersebut.

Sehingga untuk menopang upaya itu, lanjut Noach, maka bertepatan dalam perayaan Paskah yang adalah salah satu perayaan gerejawi umat Kristen di seluruh dunia. Maka Pemkab MBD menghimpun kembali toleransi yang sudah terbangun dalam sebuah tindakan nyata, yakni pelaksanaan doa bersama untuk meminta lindungan Tuhan Yang Maha Esa, bagi negara Indonesia maupun Kabupaten MBD secara khusus. Agar terlepas dari peristiwa-peristiwa lainnya yang dapat merusak tatanan toleransi antar umat beragama.
Dirinya berharap, upaya yang dilakukan pemerintah saat ini dapat ditindaklanjuti dalaml kehidupan bermasyarakat. Yakni tetap menjaga stabilitas keagamaan di bumi Kalwedo.

Pelaksanaan doa kemudian dilakukan secara bergilir yakni, doa menurut agama Islam dibawakan Ketua MUI Kabupaten MBD, Muhamad Ali Akbar, doa menurut agama Katolik dibawakan Ketua DPS Stasi Tiakur .A.Lamere, doa oleh Pdt Nathan Yacobus Perwakilan GSJA Tiakur, doa oleh Pdt Andre Sucipto Perwakilan GBI Tiakur, Doa Oleh Pdt Ivon.Sinay/Septory, Perwakilan GPM Tiakur dibawakan Ketua Klasis Lemola merangkap Ketua FKUB Kabupaten MBD Pdt.M.Timisela,S.Th. (GEM)

Comment