by

Pemkab MBD Siap Bangun TPU

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD) dalam waktu dekat akan membangun Tempat Pemakaman Umum (TPU), menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Rencana itu disampaikan Kepala Badan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten MBD, Damal Eoh. Menurutnya, Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, telah berkoordinasi dengan pemilik lahan di Desa Patti, Kecamatan Moa, guna melakukan pembebasan lahan.


“Selama ini, pembanguan TPU kerap terkendala dengan proses pembebasan lahan, sebab status tanah di Pulau Moa adalah tanah hak ulayat. Sehingga proses pembebasan lahan perlu mendapatkan kesepakatan bersama seluruh pemilik hak ulayat,” ungkap Damal, Selasa (9/3).

Namun masalah itu sudah bisa diatasi langsung oleh Bupati MBD, karena telah mendapat kesepakatan pembebasan lahan bersama oleh para pemilik lahan. Sehingga pembangunan TPU akan terlaksana dalam tahun Anggaran 2021.


Kesepakatan pembebasan lahan disesuaikan dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), yang ditetapkan Badan Pertanahan.

Luas lahan yang ditetapkan untuk pembangunan TPU sebesar 10 hektar. Namun untuk sementara, lahan yang disepakati untuk pembangunan TPU tahun 2021 hanya sebesar 4,5 hektar.

Konsep TPU yang dipersiapkan Pemkab MBD, berbeda dengan TPU pada umumnya. Yakni, dibangun lebih terkonsep dan terstruktur, sehingga makam pada TPU tersebut lebih rapi.

“Kita berharap, dengan pembanguan TPU di Pulau Moa nanti, maka masyarakat yang memiliki kendala untuk menyemayamkan keluarga dapat terbantukan,” ungkapnya.

Selain itu, pada lokasi TPU tersebut juga telah dipersiapakan lahan khusus bagi korban Covid-19. Mengingat lahan pemakaman korban Covid-19 memiliki ketentuan khusus. (GEM)

Comment