by

Pemkab SBT Akan Bentuk Dua Dinas Baru

beritakotaambon.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT), akan membentuk dua dinas baru untuk meningkatkan pelayanan publik.

Dua dinas baru yang akan dibentuk, yaitu, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Dinas Pendapatan.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah (Setda) SBT, Abu Saleh Salampessy, mengatakan, sesuai hasil koordinasi dengan Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, telah mengiyakan pembentukan dua dinas baru tersebut.

Dinas Damkar akan dipisahkan dari Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sementara Dinas Pendapatan, akan dipisahkan dari Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) SBT.

“Ini sudah direstui oleh pak bupati sendiri untuk segera. Tidak ada alasan, Damkar harus dibentuk OPD sendiri. Kemudian kita pisahkan Dinas Pendapatan dari BPAD, untuk menggenjot pendapatan asli daerah,” ucap Salampessy, di ruang kerjanya, kemarin.

Baca juga: Ambon Diupayakan Jadi Kota Layak Anak

Menurut Salampessy, Dinas Damkar sangat penting untuk dibentuk, karena kebutuhan masyarakat akan perannya.

“Apalagi selama beberapa kejadian kebakaran yang melanda masyarakat, tidak ada Damkar satupun dari Pemkab yang hadir untuk memberikan bantuan. Selain itu, Dinas Pendapatan saat digabung dengan BPAD pun masukannya kurang maksimal,” terangnya.

Tak hanya pembentukan dinas baru, lanjut Salampessy, kemungkinan akan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan digabungkan menjadi satu.

Langkah itu, katanya, dilakukan atas dasar hasil evaluasi terhadap beberapa dinas yang dinilai tidak maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Pemkab SBT juga berencana untuk membentuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Hal ini pun menanti usulan usulan Bupati Abdul Mukti Keliobas ke Gubernur Maluku. Jadi harus ada usul dari Kepala Daerah ke Gubernur Maluku, terkait dengan pembentukan OPD maupun UPTD baru,” pungkasnya.(SOF)

Comment