by

Pemkab SBT Luncurkan Kartu Tani

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT), terus berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk hidup mandiri dan sejahtera.

Hal tersebut memang sudah menjadi Bupati dan Wakil Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur, di tahun pertama pemerintahannya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, yakni, melalui peluncuran kartu tani, yang berlangsung di Desa Administratif Waimatakabu, Kecamatan Bula Barat, SBT, 27 Mei 2021 lalu.


Wakil Bupati SBT, Idris Rumalutur, pada kegiatan tersebut, mengatakan, kartu tani ini merupakan kartu debit seperti ATM, sehingga bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan petanian.

Dengan adanya kartu tani, diharapkan membawa dampak positif bagi semua kalangan, termasuk pemerintah, swasta dan khususnya bagi para petani di SBT.

“Jika petani memiliki kartu tani, maka yang paling pertama adalah mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi. Karena pupuk merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan sektor pertanian. Maka dari itu, ketersediaan pupuk adalah sesuatu hal wajib bagi petani,” terang Idris, dihadapan puluhan petani.

Selain itu, dengan memeiliki kartu tani, katanya, para petani dapat dengan mudah melakukan penjualan secara langsung ke Bulog selaku off taker.


lanjutnya, petani cukup membawa kartu tani dan menimbang hasil panen. Hasil panen itu akan diinput dan muncul besaran pembayaran di server SINPI, yang akan dikirimkan ke HP petani via SMS.

“Nilai jual hasil panen nantinya akan langsung masuk ke rekening petani. Sehingga dengan tersedianya kartu tani ini, maka dengan sendirinya memangkas praktik penjualan hasil pertanian yang tidak sehat,” terangnya.

Yang tidak kalah penting dari manfaat kartu tani, kata Idrus, memberikan kemudahan pembayaran kredit usaha. “Ketika petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dana yang dimiliki bisa digunakan untuk unit usaha lainnya. Maka saya harapkan agar kartu ini benar-benar dimanfaatkan oleh petani dengan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” tutup Idris. (SOF)

Comment