by

Pemkab SBT Terpilih Masuk Program Tekad

beritakotaambon.com – Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), terpilih sebagai salah satu kabupaten di Maluku yang melaksanakan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad).

Program tersebut merupakan program yang dilucurkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2021.

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas, mengatakan, program Tekad bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat secara inklusi dan berkelanjutan, melalui tata kelola desa yang baik.

Baca juga: DPRD Maluku Sepi Agenda

Pada implemntasi program itu, lanjutnya, Pemkab SBT akan membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan program Tekad kepada Menteri Desa PDTT melalui Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain itu, lanjut Keliobas, program tersebut juga menyediakan ruang bagi Pemkab SBT untuk mensinkronisasikan berbagai program dan kegiatan yang dibiayai APBD dengan program atau kegiatan pemerintah desa yang dibiayai Dana Desa (DD). Sehingga kebutuhan masyarakat dan kesejahteraannya, bisa terpenuhi dan terwujud lebih cepat.

“Kesamaan komitmen Kemendes dan PDTT dengan Pemda SBT, untuk melakukan proses pembangunan secara intensif berkelanjutan berbasis desa dan daerah pinggiran. Yang mana target utama pembangunan tersebut adalah untuk kesinambungan ekonomi masyarakat desa, menuju masyarakat sejahtera yang akan menjadi komponen penting dalam program ini. Program ini juga sangat membantu perwujudan visi SBT yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis sumber daya lokal,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkab SBT akan menentukan beberapa desa di kabupaten tersebut untuk melaksanakan program Tekad tahap awal.(SOF)

Comment