by

Pemkot Akan Tambah Tempat Isolasi Terpusat

Pemerintah Kota Ambon akan menambah tempat isolasi terpusat, jika jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 mengalami lonjakan. Salah satu lokasi yang sementara disiapkan yakni LPMP Maluku yang berlokasi di kawasan Wailela, Waiheru Ambon.

Diketahui, tempat isolasi terpusat milik Pemkot sementara ini ada tiga. Dua diantaranya sudah penuh yaitu hotel Wijaya dan Everbright. Sementara, tempat isolasi terpusat yang baru ditambah di OYO 791 Tanah Tinggi Guest House, Karang Panjang, Kecamatan Sirimau juga hampir penuh.

“Kita rapat dengan Pak wali waktu itu, mungkin ada penambahan tempat isolasi di LPMP,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan, Sabtu (10/7).

Dijelaskan tempat isolasi terpusat yang dibuka Pemerintah Provinsi Maluku di Asrama Haji, kawasan Waiheru, juga sudah penuh dengan pasien Covid-19.
“Pemkot punya ada tiga. Yaitu di Wijaya hotel, Everbright, Guest House. Everbright buka dua hari langsung penuh. Provinsi buka di Asrama haji sudah penuh,” beber Wendy.

Karena keterbatasan tempat isolasi terpusat, sambung Wendy, sementara warga yang terpapar Covid-19 dilakukan isolasi secara mandiri di rumah. “Sementara kita masih menampung warga positif Covid-19 dengan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan itu dipantau oleh puskesmas terdekat,” terangnya.
Diakuinya, yang menjadi masalah saat ini adalah stok out di laboratorium. Dimana ada sedikit kendala yang memperlambat keluarnya hasil swab.

“Kalau hasil lab bisa keluar cepat, pasti orang sembuh bisa keluar dan orang positif baru masuk di tempat mereka. Sekarang sampai 6 hari baru bisa hasil swab pasien positif keluar,” pungkasnya. (IAN)

Comment