by

Pemkot Ambon Diingatkan Soal Lelang Jabatan

beritakotaambon.com – Pemerintah Kota Ambon, diingatkan untuk tidak menyalahi prosedur terkait rencana lelang jabatan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon sebelum Desember 2021. Pasalnya, lelang jabatan harus dilakukan setelah jabatan tersebut benar-benar kosong.

“Sesuai aturan, Desember 2021 itu baru buka lelang jabatan. Karena undang-undang ASN tahun 2014 itu isyaratkan, jabatan kosong baru bisa dilelang. Tapi kita dengar, lelang jabatan Sekkot ini mau dibuka dan pelantikannya Desember, makanya kita ingatkan agar pemkot tidak menyalahi aturan,” tegas Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono, kepada wartawan, di gedung DPRD Belakang Soya, Selasa (31/8).

Politisi Gerindra ini menilai, jika proses lelang jabatan dilakukan sebelum Sekkot Ambon, A. G. Latuheru selesai masa pensiun di Desember 2021 mendatang, maka hal tersebut menyalahi aturan.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Kodim Ambon Bersihkan Pantai

“Itu tabrak aturan. Harusnya jabatan kosong baru dilelang. Kalau lelang sekarang lelang, lalau mau isi jabatan yang mana ?,” herannya.

Menurutnya, pemerintah kota lewat bagian kepegawaian, dipersilahkan membuka lelang jabatan tersebut. Hanya saja tidak menabrak aturan, yakni harus sesuai undang-undang ASN.

“Ketika jabatan Sekkot itu selesai, maka harus ada Plt masuk dulu. Soal spekulasi di luar itu biasa. Tapi yang dilakukan itu harus sesuai aturan, karna ada panitia seleksi. Dan kami harap, Sekkot kedepan benar-benar orang yang berkualitas dan punya integritas dalam mengelola pemerintah membantu walikota di waktu yang ada,” tutup Latupono. (UPE)

Baca juga: Latupono : Sudah Waktunya Belajar Tatap Muka

Comment