by

Pemkot Ambon Peringati HPSN

Ambon, BKA- Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon lebih awal melakukan pembersihan lingkungan di kawasan Pantai Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (19/2).  

Pantauan Koran ini, selain pegawai dari DLHP, komponen masyarakat serta TNI-Polri dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut hadir dalam pembersihan pantai tersebut.

Sampah yang mengambang di tepi pantai Wainitu, diangkat menggunakan jaring dan dimasukan kedalam karung. Belasan karung sampah itu, kemudian diangkut untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir.

Bukan itu saja, beberapa pohon juga ditanam pada lokasi destinasi yang berada di pantai Wainitu. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kawasan penghijauan bagi para pengunjung yang dating untuk menikmati keindahan pantai Wainitu.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Robby Silooy mengatakan, peringatan HPSN dengan melakukan pembersihan sampah di sekitaran pantai Wainitu, dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.
“Tahun HPSN digunakan untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah, yang hasilnya membawa dampak positif bagi masyarakat,” tandas walikota.

Dalam tahun ini, sambungan dia, platform HPSN akan digeser ke penanganan sampah. Sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya Kota Ambon.

“Apapun upaya penanganan sampah sebagaimana dimaksud, yaitu melalui pengembangan sektor usaha pengumpulan dan pengangkutan sampah, industri alat dan mesin, pengelola sampah industri daur ulang, industri komposting dan biogas, serta industri sampah menjadi energi alternatif,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaak mengaku, peringatan HPSN tahun ini, menyusun tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Dimasa Pandemi”.
“Kami akan membuat babak baru pengelolaan sampah di Indonesia dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia,” jelasnya. (IAN)

Comment