by

Pemkot Bagikan 29 Bantuan KUBE

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memberikan bantuan alat tangkap dan alat bantuan penangkapan ikan kepada 29 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) nelayan di kota Ambon. Bantuan KUBE tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

Bantuan itu berupa, 10 paket pancing tonda, 9 paket Gill Net, 10 paket jaring, dan 10 paket Global Positioning Sistem (GPS), yang diserahkan langsung Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, Anthony Gurtaf Latuheru, di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Erie, Kecamatan Nusaniwe, Sabtu (23/1).

Dalam sambutannya, Latuheru mengaku, seluruh bantuan yang diberikan dari Pemkot Ambon, harus bisa disyukuri. Sebab, dibiayai dengan DAK tahun 2020. Dimana semua anggara harus mengalami refokusing untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon.

Dia berharap, seluruh bantuan KUBE dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan begitu, kesulitan para nelayan di tengah pandemi dapat terjawab.

“Saya minta agar paket bantuan ini dapat digunakan sebaik-baiknya, agar memberikan manfaat bagi kesejahteraan kelompok penerima secara berkelanjutan. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat di kota Ambon,” terang Latuheru.

Dikatakan, kiranya bisa dibentuk koperasi nelayan dan pendataan tenaga kerja rentan dibidang perikanan. Agar para nelayan bisa mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan dari pemerintah.

“Mohon dukungan dan kerjasama semua pihak , baik Dinas Koperasi, Dinas Tenaga Kerja, dan Dinas Perikanan Sehingga dapat berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama nelayan di kota Ambon,” pintanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Febrien Maail mengungkapkan, KUBE tersebut, di tetapkan langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui usulan Pemerintah Kota Ambon. “Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” harapnya. (IAN)

Comment