by

Pemkot Beri Sanggahan ke Panssel CPNS

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon telah melayangkan sanggahan waktu kepada Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Nasional terhadap para peserta yang namanya tidak keluar dalam daftar kelulusan administrasi.

Lewat upaya itu, Pansel Nasional akan kembali melakukan seleksi peserta yang namanya tidak lulus administrasi. Hasil dari sanggahan itu, diperkirakan akan keluar hari ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Sellano mengaku, akan mempublikasikan nama-nama yang lulus lewat sanggahan tersebut.

“Kan masih diberi kesempatan kepada para peserta untuk tanggapi. Tanggal 6 Agustus (hari ini) nanti baru saya kasih kepastian. Nama-nama yang dikeluarkan itu merupakan hasil tanggap,” terang Benny, kepada wartawan, Kamis (5/8).

Baca juga: Masa Isolasi Walikota Masuk 11 Hari

Bagi yang telah memenuhi syarat, lanjut dia, tentu tidak perlu melakukan tanggap atau sanggahan. Sebab kesempatan tanggap itu diperuntukkan bagi nama yang tidak ada dalam daftar kelulusan administrasi.

“Kalau misalnya ada yang sudah tidak memenuhi syarat masih bisa buat tanggapan. Tapi yang memenuhi syarat tidak perlu. Ini artinya belum hasil bersih,” sebutnya.

Menurutnya, langkah ini menanggapi atau menjawab protes peserta yang tidak lulus dalam tahapan administrasi CPNS. “Sekarang peserta yang tidak lolos masih ada protes. Maka diberikan waktu untuk itu,” bebernya.

Sambung dia, setelah ditanggapi Pansel Nasional (Panselnas) CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Panselnas akan melakukan klarifikasi terhadap isi tanggapan peserta yang tidak lolos itu.

“Proses tanggap bisa disampaikan ke BKD setempat atau langsung ke pusat. Misalnya yang bersangkutan dinyatakan gugur alasan apa, maka yang bersangkutan menanggapi alasan ketidak lulusannya itu,” jawabnya.

Ketika disinggung berapa jumlah yang lulus dalam tahapan administrasi dan yang akan disanggahan, tambah dia, kalau data itu belum diketahui. “Belum tahu karena masih dilakukan verifikasi oleh Pansel Nasional, ” jelasnya.

Baca juga: 14 Desa Terima DD Tahap II

Diketahui, dari hasil yang diturunkan Pansel Nasional untuk pelamar di Pemkot Ambon dua hari lalu, sebanyak 1.476 orang CPNS dan 84 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sementara lulus seleksi administrasi.

Kemudian formasi jabatan yang dibutuhkan pada Pemkot Ambon sebanyak 387 orang. Dengan rincian CPNS teknis 56 orang dan P3K 331 orang, yang terdiri dari tenaga guru 262 orang dan tenaga kesehatan 69 orang. (IAN)

Comment