by

Pemkot Berupaya Tingkatkan SDM

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sementara berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat program Pemerintah Pusat, yaitu Manajemen Talenta Nasional (MTN).

Yakni untuk menghadapi persaingan global dengan peningkatan SDM, maka program MTN harus digalang. Karena program dimaksud, berkaitan erat dengan bagaimana mempersiapkan SDM secara produktif dan berkualitas.

“10 tahun kedepan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Dengan penduduk Indonesia kurang lebih 183 juta penduduk, 64 persen adalah potensi talenta produktif. Jika SDM meningkat,” tutur Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, dalam sosialisasi program MTN Pemkot Ambon di Marina Hotel, Kamis (29/4).

Apabila program ini berjalan baik, sambung Richard, maka akan menjadi kekuatan besar bagi bangsa ini. Namun jika tidak, akan menjadi beban sosial yang begitu besar. Akan tetapi, dampak buruk dari program tersebut sudah diatasi pemerintah.

“Talenta sebetulnya terkait potensi SDM. Bukan saja hanya ada di ASN tetapi ada diseluruh stakeholder lain. Untuk ASN, diatur secara khusus kemenPAN-RB. Diluar itu dalam bentuk program-program oleh stakeholder lain, dengan berpedoman pada strategi pembinaan SDM pemerintah,” ujarnya.

Untuk mensosialisasikan program ini, kata dia, sebelumnya Pemkot menghadirkan komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan asisten komisioner KASN, untuk berbagi informasi terkait implementasi program MTN.

Dia menambahkan, program ini sangat penting. Sebab, generasi 10 tahun kedepan akan jadi potensi generasi emas bangsa. Sehingga jika tidak disiapkan dari sekarang, potensi yang dimiliki akan betul-betul menjadi beban yang luar biasa.
“Sisi lain, fakta membuktikan, kelompok usia anging atau 51 tahun keatas itu rata-rata sekarang kurang lebih 20 sekian persen ASN secara nasional. Kelompok ini kan dia punya kinerja menurun dan kemampuan beradaptasi juga berat,” pungkasnya. (IAN)

Comment