by

Pemkot dan BNI Teken MoU

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berasama PT BNI (Persero) TBK, melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) tentang pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan, serta dukungan program Smart City di Graha BNI Ballroom, Jl Jendral Sudirman Kav 1, Jakarta Pusat, Rabu (31/3).

Dalam sambutannya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut sangatlah baik. Untuk itu Pemkot sangat mendukung. “Saya sambut baik dan apresiasi kegiatan ini,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk mendukung tata kelola keuangan, keuangan inklusif, dan perekonomian nasional, diperlukan percepatan dan perluasan digitalisasi melalui elektronifikasi transaksi pemerintah daerah. Guna kegiatan transaksi belanja dan pendapatan daerah, serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital.

“Percepatan dan perluasan digitalisasi perlu dilaksanakan untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas layanan publik. Sebagai upaya untuk mendukung transparansi dalam sistem pemerintahan, guna mengoptimalkan pendapatan daerah dan kesehatan fiskal. BNI memiliki salah satu konsep yang dikembangkan dalam mewujudkan kota cerdas atau lebih dikenal dengan BNI smart city,” terangnya.
Walikota dia periode ini mengaku, untuk mendukung konsep tersebut, BNI menyediakan layanan bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan transparansi publik melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Layanan tersebut turut meningkatkan efisiensi pengelolaan sistem pemerintahan dalam peningkatan PAD maupun peningkatan ekonomi masyarakat. Layanan BNI sebagaimana dimaksud antara lain, penyediaan fasilitas pembiayaan atau kredit usaha rakyat maupun perumahan, pengembangan smart city, serta pemberdayaan dan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah,” jelas Richard.

Mantan anggota DPRD Maluku ini berharap, kedepan bukan saja ibu kota Provinsi Maluku yang dapat penandatanganan nota kesepahaman pemanfaatan fasilitas jasa layanan perbankan dan dukungan Program Smart Coty, tetapi seluruh pemerintahan di kabupaten/kota yang ada di Indonesia bisa bekerja sama dengan pihak BNI.
Sementara itu, Wakil Direktur PT BNI (Persero) Tbk, Adi Sulistyowati mengaku, perhatian pemerintah kota terhadap perkembangan betul-betul mensuport program dimaksud.

“Panjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, karena hari ini (kemarin) kita bisa penandatangan MOU terkait dengan jasa layanan perbankan dan juga rencana pengembangan di kota Ambon,” ucapnya.

Menurut Adi, kegiatan dimaksud sekedar menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Yang mana, mengharapkan didalam pengelolaan tata keuangan daerah, diharapkan tata kelola lebih sehat transparan dan juga lebih terintegrasi dengan sistem evaluasi yang ada di daerah.

“Ini harapannya akan lebih efisien dan efektif di dalam tata kelolanya pak.
Dan ini harapannya selain didalam, juga diharapkan menambah terhadap layanan dari pada masyarakat. Pelayanan publik masyarakat di daerah dan juga
peningkatan persejahteraan,” ujarnya.

Bukan saja itu, sambung dia, BNI salah satu dari pada dari bank negara terutama dari BI yang harus mendukung terhadap program pemerintah di dalam mitra keuangan pendampingan dan juga bagaimana peningkatan dari perekonomian daerah akan lebih berkembang untuk kesejahteraan.

“Kita berkolaborasi didalam membangun digital platform didalam layanan yang tadi disampaikan bapak (walikota) bahwa kota Ambon itu kekayaan tidak hanya dari alamnya. Tetapi kekayaan alamnya yang luar biasa, sehingga bagaimana mengelola bagaimana juga membantu,” pungkasnya.

Sekedar tahu, hadir dalam giat tersebut, Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latuponno, Direktur Hubungan Kelembagaan PT BNI (Persero) tbk, Sis Apik Wijayanto, Senior Vice President PT BNI (Persero) tbk, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kota Ambon. (IAN).

Comment