by

Pemkot Didesak Percepat Pelantikan

Ambon,BKA- Komisi II DPRD Kota Ambon mendesak agar Pemerintah Kota segera mempercepat proses pelantikan terhadap sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong. Pasalnya, banyak surat masuk yang harus dibahas dengan pimpinan OPD terkait sebagai pengambil kebijakan.
“Komisi mendesak agar pelantikan pejabat pimpinan OPD ini segera dipercepat. Katanya kan minggu ini akan dilantik, tapi nyata belum ada informasi soal itu. Maka itu kita harap pelantikan pimpinan-pimpinan OPD ini bisa secepatnya dilakukan,” tandas Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Harry Putra Far Far, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Selasa (30/3).
Politisi Perindo ini mengaku, banyak surat masuk yang ditujukan ke komisi II terkait persoalan harga bahan pokok yang mengalami lonjakan harga jelang bulan suci Ramadhan, serta beberapa persoalan lainnya.
Sehingga dibutuhkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon yang definitif, agar dapat mengambil keputusan dalam rapat-rapat evaluasi yang akan dilakukan nanti. Termasuk beberapa pimpinan OPD lainnya yang belum definitif.
“Agenda pelantikan ini sifatnya sangat penting, karena terkait dengan proses pemerintahan. Yakni terkait kebijakan-kebijakan atau kewenangan yang dimiliki saat ini kan sangat terbatas. Maka itu harus pak walikota segera mengambil sikap,” pintanya.
Dikatakan, jika rapat evaluasi dilakukan tanpa pimpinan OPD definitif, maka tidak bisa mengambil kebijakan untuk ditindaklanjuti. Sehingga tidak ada kepastian bagi masyarakat terhadap sejumlah aspirasi yang disampaikan.
“Hal ini karena kekosongan jabatan. Saat rapat-rapat, banyak surat surat masuk yang tidak bisa dipenuhi DPRD. Salah satunya karena itu, belum dilantiknya pimpinan OPD definitif. Maka kita hawap, pak walikota bisa melihat hal ini untuk segera dipercepat,” harap Far Far. (UPE)

Comment