by

Pemkot Didesak Tertibkan Pedagang Mardika

Ambon, BKA- Komisi III DPRD Kota Ambon mendesak Pemerintah Kota untuk segera menertibkan para pedagang Mardika. Sebab, para pedagang tersebut telah melanggar peraturan daerah (Perda) menempati badan jalan untuk berjualan.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Gunawan Mocthar menilai, perlu ada ketegasan dari Pemerintah Kota Ambon lewat Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk segera menertibkan para pedagang dari badan jalan.

Pasalnya, sebagian pedagang telah menggunakan separuh badan jalan untuk berjualan hingga membuat kemacetan.

“Saya mau sampaikan untuk Kadis Perhubungan dan Satpol PP segera melakukan koordinasi untuk menertibkan pegagang-pedagang yang berjualan di badan jalan. Karena itu sudah melanggar perda,” tandas Gunawan, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Rabu (4/11).

Menurutnya, para pedagang yang saat ini menolak untuk direlokasi, perlu dicarikan solusi agar ditertibkan. Yakni mengatur para pedagang dengan baik sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada.

“Perda itu harus segera dilaksanakan dengan tegas dalam menindak PKL yang berjualan di Badan Jalan, sehingga kendaraan dapat berlalu lalang dengan luas. Artinya harus ada langkah tegas, dengan berkoordinasi juga dengan pihak Kepolisian dan TNI selaku mitra pemerintah untuk menertibkan pedagang yang ada,” sarannya.

Politisi PKB ini menilai, sikap para pedagang yang menempati badan jalan sangat mengganggu aktivitas lalu lintas. Sehingga harus ditertibkan agar tidak menghambat kendaraan yang melintas.

“Ini sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Belum lagi angkot dan kendaraan lain. Karena pedagang ini berjualan sudah di tengah jalan, hampir menutup jalan. Ini yang harus ditertibkan, bukan dibiarkan. Maka itu kita mendesak agar Pemerintah Kota bisa menggerakkan dinas-dinas terkait dan mitra untuk segera menata para pedagang sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas,” harapnya. (UPE)

Comment