by

Pemkot Fokus Perbaikan Jalan

Ambon, BKA- Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lebih fokus terhadap perbaikan jalan. Hal tersebut dinilai untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat selaku pengendara maupun pejalan kaki.

Plt Kepala Dinas PUPR Ambon, Melly Latuihamallo menyebutkan, ada enam ruas jalan yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Sejumlah ruas jalan tersebut terbagi pada lima kecamatan di kota Ambon, diantaranya Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Leitisel dan Teluk Ambon.

“Jalan Gadihu hingga ke Ahuru, jalan Setiabudi, jalan Wara hingga ke Warasia, dan dua tiga ruas jalan lainnya,” tutur Latuihamallo, kepada wartawan, Selasa (16/2).

Dijelaskan, anggaran perbaikan terhadap enam ruas jalan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon tahun 2021.

“Empat ruas jalan masuk DAK dan 2 lainnya masuk di APBD 2021. Empat ruas jalan yang masuk DAK itu, yakni jalan Gadihu-Ahuru, Wara-Warasia, jalan Setiabudi, dan satu lainnya. Sedangkan dua lainnya itu di APBD nanti,” terangnya.

Latuihamallo mengaku, untuk empat ruas jalan yang masuk DAK 2021 ini, dalam waktu dekat sudah bisa dikerjakan. “Pokja baru dibentuk. Saat ini kita sudah siap, tinggal proses pelelangan saja. Sebelum pertengahan tahun jalan yang masuk DAK sudah dikerjakan,” tukasnya.

Sedangkan untuk jalan yang masuk APBD, sambung dia, belum dapat dipastikan kapan akan dikerjakan. Namun seluruh perbaikan jalan tersebut tetap dikerjakan dalam tahun ini.

“Dalam tahun ini, tapi soal awal, pertengahan atau akhir itu belum bisa dipastikan. Kita tunggu saja kinerja dari Pokja yang baru dibentuk itu,” kuncinya. (IAN)

Comment