by

Pemkot Ganti Biaya Perbaikan Rumah Korban Gempa

Sebanyak 94 kepala keluarga (KK) korban gempa bumi 2019 di kota Ambon yang sudah melakukan perbaikan rumah secara mandiri, akan diganti biayanya oleh pemerintah kota lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Pays menyebutkan, batas waktu pelaporan bagi 94 KK tersebut ke BPBD, diberikan hingga tanggal 31 Juli 2021. Sehingga puluhan korban gempa ini diharapkan melaporkan bukti anggaran yang dipakai untuk perbaikan rumah akibat gempa.

“Kita sudah kasih waktu. Tapi terus diulur. Jadi batas waktu pelaporan itu sampai 31 Juli,” ungkap Demmy, saat ditemui awak media di Balai Kota, Selasa (22/6).

Lanjut dia, batas waktu untuk pelaporan tersebut, merupakan putusan Pemerintah Pusat. Sehingga 94 KK harus bisa berikan dokumen sebelum masa waktu yang ditentukan selesai.

“Jika mereka belum masukan dokumen sampai 31 Juli, maka uang mereka akan dikembalikan ke negara. Jadi negara akan tarik uang mereka kembali. Untuk itu, harus secepatnya kumpulan data itu,” terangnya.
Menurut dia, pihaknya hanya bertugas untuk mengumpulkan dokumen-dokumen terkait anggaran korban gempa bumi yang sudah memperbaiki rumah secara mandiri. Selebihnya itu, ada pada korban gempa.
“Kami tidak ada masalah. Kita punya tugas itu setelah mereka sampaikan mereka punya dokumen. Kalau mereka sudah kerja rumah secara mandiri sesuai dengan kerusakan rumah mereka,” imbuhnya.

Setelah dokumen mereka terkumpul, sambung dia, pihaknya akan memberi rekomendasi ke pihak bank untuk mencairkan uang ganti rugi. “Jadi semua itu tergantung mereka. Kalau mereka sudah kasih dokumen tersebut, kami juga akan kasih rekomendasi ke bank,” beber dia.

Demmy memanbahkan, untuk 126 kelompok penerima bantuan gempa bumi 2019 lainnya, sudah diselesaikan pemberian bantuan ganti rugi dari pemerintah. “Jadi ada 1.454. Dan dari 126 kelompok itu sudah selesai. Sekarang tinggal 94 KK yang sudah membangun rumah secara mandiri. Mereka ini juga akan didampingi fasilitator di lapangan,” pungkasnya. (IAN)

Comment