by

Pemkot Jaring Lima Gepeng

Ambon, BKA- Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Ambon lewat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), ikut membantu Dinas Sosial Kota Ambon untuk menertibkan jalanan dari gelandangan dan pengemis (Gepeng).

Dalam razia tersebut, lima Gepeng terjaring anggota Pol-PP, tepatnya di lampu merah Pos Kota pada Selasa (15/12) kemarin. Semjumlah Gepeng itu kemudian diamankan di kantor Pol-PP.

“Sementara diamankan di Kantor Pol PP, sambil mencari orang tua dari anak-anak tersebut untuk datang jemput,” tandas Kepala Satuan Pol-PP Ambon, Josias Loppies, kepada wartawan, Rabu (16/12).

Alasan diamankan 5 gepeng tersebut, kata Jossias, lantaran Dinas Sosial (Dinsos) tidak memiliki Rumah Singgah untuk menampung para Gepeng yang berkeliaran di kota Ambon. Kelimanya akan dikembalikan, jika orang tua datang menyambangi mereka.

“Ini karena tidak ada tempat, jadi kita bawa sementara disini (Pos Satpol PP). Ini sebenarnya musti ada tanggung jawab dengan dinas sosial, jadi kita tampung mereka sementara dulu. Dan nantinya kita kasi penjelasan supaya orang tua juga bisa lihat. Kita bikin pernyataan kalau ada terulang lagi, baru kita proses di Polisi, supaya orang tua tetap mengawasi anak untuk jangan kerja di jalan,” terangnya.
Dijelaskan, razia yang digelar pihaknya, lantaran para Gepeng dianggap selalu mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

“Kita jaga mereka punya keselamatan di jalan. Apalagi ini anak-anak dengan usia sekolah. Kemarin kita razia didampingi oleh Ibu Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kota Ambon,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment