by

Pemkot Kembali Diingatkan Sosialisasi Vaksin Covid-19

Ambon, BKA- Pemerintah kota Ambon kembali diingatkan untuk segera mensosialisasikan vaksin Covid-19 secara masiv kepada masyarakat Kota Ambon. Agar tidak mendapat penolakan dari masyarakat saat vaksin tersebut tiba di kota Ambon.

Sebab belakangan ini sempat ramai di media sosial terkait pemberitaan sejumlah orang yang nyaris lumpuh, diduga setelah diberikan vaksin Covid-19 asal China itu.

Untuk itu, sosialisasi vaksin dianggap sangat penting bagi masyarakat agar tahu fungsi dan manfaat dari vaksin tersebut.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui dinas kesehatan maupun stakeholder lainnya harus masif mensosialisasikan pentingnya vaksin covid-19 di wilayah Kota Ambon.

“Benar kita di Ambon belum memiliki vaksin covid-19. Tapi agar supaya vaksin tidak ditolak oleh masyarakat ketika sudah ada di Ambon, maka penting untuk disosialisasikan. Upayakan sosialisasi itu juga diharapkan masif sampai tingkat desa,” pinta Toisuta, saat dihubungi wartawan, Sabtu (12/12)

Ketua PDK Kosgoro 1957 Maluku ini menilai, isu yang beredar saat ini, bahwa ada sejumlah orang yang mengalami kelumpuhan pada wajah setelah disuntik vaksin. Tentu akan menjadi isu yang akan menyebar luas jika tidak dilakukan sosialisasi oleh pemerintah daerah.

“Sebab masyarakat kalau mendengar soal isu begini, maka mereka akan takut ketika hendak disuntik vaksin. Solusinya, pemerintah harus lebih awal memberi tahu soal manfaatnya untuk kesehatan itu seperti apa,” ucap dia.

Dikatakan, paham dan tidaknya masyarakat atas manfaat vaksin covid-19, semua kembali kepada pemerintah. Pemerintah yang harus mendahului sebelum itu sampai ke masyarakat.

Artinya, selain sosialisasi dan tahapan lainnya, pemerintah juga perlu menjadi orang pertama dalam penggunaan vaksin. Agar menjadi contoh kepada masyarakat yang kemudian bisa menghindari rasa takut terhadap penggunaan vaksin covid-19 tersebut.

“Kalau didahului dari pihak pemerintah, maka masyarakat pun tidak takut. Ini yang diharapkan,” tandasnya.

Politisi Golkar Kota Ambon ini juga mengimbau, agar masyarakat Kota Ambon tidak mudah mempercayai isu-isu yang beredar di medsos. Sebab, pemerintah pun tidak mungkin menyakiti masyarakatnya dengan memberikan vaksin yang melumpuhkan anggota badan.

“Masyarakat jangan mudah menelan informasi. Yang pasti, vaksin covid-19 itu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pemerintah tidak mungkin membunuh masyarakatnya dengan memberikan vaksin sembarangan, ” tutup Toisuta (UPE)

Comment