by

Pemkot Larang Sekolah Ujian Tatap Muka

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melarang Satuan Pendidikan tingkat SD untuk melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara tatap muka.

Plt Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Ambon, Merry Mairuhu, mengatakan, pelaksanaan US tingkat SD yang akan digelar pada 3 hingga 6 Mei akan dilaksanakan secara Daring. Sama seperti tingkat SMP.

Pelaksanaan ujian kelulusan itu tidak boleh dilakukan secara tatap muka. Baik dilakukan di sekolah maupun secara kelompok.

Hal itu, katanya, mesti menjadi perhatian semua Satuan Pendidikan tingkat SD. Sebab hingga saat ini, Kota Ambon masih dalam zona orange tingkat penyebaran virus. Sehingga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Besok (hari ini) ujian kelulusan SD. Teknisnya tetap Daring. Tidak bisa tatap muka di sekolah dan secara kelompok. Karena kita masih dalam zona orange. Kalau 1 atau 2 siswa dalam kelompok, boleh saja, yang penting menjaga protekoler kesehatan. Lebih dari itu, tidak boleh. Jangan sampai terkonfirmasi Covid-19,” tegas Mairuhu, Minggu (2/5).

Jika ada siswa yang tidak punya fasilitas Daring, katanya, maka dapat mengikuti ujian secara Luring. Proses ujiannya dari rumah lewat soal-soal yang diantarkan oleh guru ke rumah setiap siswa.

“Jadi hanya Daring dan Luring saja. Yang Luring, nanti soal-soalnya diantara ke rumah siswa. Itu teknis ujian yang dipakai sampai selesai,” tandas Mairuhu. (LAM)

Comment