by

Pemkot Lega, Penumpang Pesawat Berkurang

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku lega dan sedikit gembira, ketika mendapat laporan terkait jumlah keberangkatan penumpang pesawat yang keluar kota Ambon berkurang dari hari biasanya.

Hal ini dikarenakan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang lebih diperketat lewat instruksi walikota nomor 2 dan 3 tahun 2021, terkait pembatasan masyarakat hingga tempat usaha di kota Ambon sejak Kamis (8/7) kemarin.

Jumlah penumpang pesawan ini, mengalami penurunan dari hari sebelumnya. Dimana kurang lebih orang yang hendak keluar dari Kota Ambon menggunakan pesawat bisa mencapai 700 orang lebih per hari.

Namun dengan adanya pembatasan tersebut, jumlah penumpang yang keluar kota Ambon dengan pesawat terbang hanya sekitar 300 orang.

“Cukup mengembirakan buat kita (Pemkot Ambon), Karena tadi di lapangan (Bandara) kemarin (Rabu), 700 orang berangkat. Tapi tadi (kemarin-red) turun jadi 300 orang, ” kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Kamis (8/7).

Richard mengaku, sesuai pantauan hari pertama pelaksanaan PPKM dibandara Pattimura, menemukan petugas gabungan baik dari Pemkot dan TNI Angkatan Udara bekerja sangat efektif.

“Di Bandara udara itu, cukup positif sekali. Kerja sama antara TNI Angkatan Udara dan Pemerintah Kota melalui sarana kesehatan yang ada sangat efektif, ” ungkap Walikota dua periode itu.

Sambung dia, pelaksanaan vaksinasi kepada warga yang ingin berangkat keluar Ambon Manise di bandara tersebut berjalan lancar. Sama halnya konfirmasi administrasi.

“Yang menarik untuk vaksinasi, diperuntukkan buat para penumpang yang mau berangkat tapi belum vaksin, itu dapat dilaksanakan di lokasi disitu (Bandara Pattimura,” sebut Richard.

Ia menambahkan, untuk persyaratan lain, seperti swab PCR maupun Rapid Antigen juga dilaksanakan di Bandara Pattimura. “Untuk PCR maupun Antigen itu juga dilaksanakan,” kunci Richard. (IAN)

Comment