by

Pemkot Malang Segera Lakukan Tes Usap COVID-19 Bagi Jurnalis

Pemerintah Kota Malang segera melakukan tes usap COVID-19 bagi para jurnalis yang ada di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, usai Wali Kota Malang Sutiaji dikonfirmasi terpapar virus corona.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto mengatakan bahwa langkah tersebut diambil dikarena para jurnalis dalam kesehariannya banyak melakukan interaksi dengan Wali Kota Malang.

“Langkah ini dilakukan karena rekan-rekan jurnalis berinteraksi dengan wali kota dan lingkungan di Balai Kota Malang sangat tinggi,” kata Widianto di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Nur Widianto yang akrab disapa Wiwid itu menjelaskan pelaksanaan tes usap untuk para jurnalis tersebut, akan dilakukan pada 3 Desember 2020 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kota Malang, dengan kapasitas 75 orang.

Menurut Wiwid, selain melakukan tes usap kepada para jurnalis yang memiliki interaksi tinggi dengan Wali Kota Malang Sutiaji, tes tersebut juga telah dilakukan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

“Untuk para ASN sudah dilakukan secara berjenjang. Untuk jurnalis, pelaksanaan bersamaan dengan jadwal humas, dengan kapasitas 75 orang,” kata Wiwid.

Pada Selasa (1/12), Wali Kota Malang Sutiaji melalui akun instagramnya sam.sutiaji, menyatakan bahwa dirinya beserta keluarga terkonfirmasi positif terjangkit virus corona, berdasarkan hasil uji laboratorium yang dilakukan Labkesda Dinkes Kota Malang.

Usai dinyatakan positif terpapar virus corona, Sutiaji menginstruksikan para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Malang untuk melakukan Work From Home (WFH), selama 14 hari ke depan, dengan sistem 50 persen bekerja dari rumah dan sisanya berkantor dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hingga saat ini, di wilayah Kota Malang, secara keseluruhan tercatat ada 2.295 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 2.052 orang dinyatakan sembuh, 236 orang dilaporkan meninggal dunia, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor : Endang Sukarelawati

Comment