by

Pemkot Masih Berlakukan Gustu

Ambon, BKA- Kendati, telah dibentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi lewat Satuan Tugas (Satgas) oleh Presiden RI, Joko Widodo, Pemerintah Kota Ambon hingga saat ini masih berlakukan Gugus Tugas (Gustu) Percepatan dan Penanganan Covid-19. Pasalnya, belum ada petunjuk teknis (juknis) dari Satgas Covid-19 Pusat untuk membatalkan Gustu tersebut.

Pembentukan Komite tersebut, tertuang dalam Peraturan Presiden (PP) nomor 82 tahun 2020, yang diteken langsung oleh Presiden pada Senin 20 Juli 2020 lalu.

Perpres itu, menjelaskan tentang pembubaran Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat pusat hingga daerah, untuk digantikan dengan Satgas Penanganan Covid-19.

Jubir Gustus Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengaku, jika Gustu Covid-19 Pemprov Maluku sudah diganti dengan Satgas, maka Gustu Kota akan mengikuti sesuai Perpres tersebut.

“Kita kan, belum ada Juknis yang diturunkan dari Gugus Tugas Provinsi. Karena itu, kan Gugus Tugas Provinsi belum ada perubahan,” ungkap Joy kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (18/8).

Kata dia, belum ada Juknis yang mengatur perubahan Gugus tugas Percepatan dan Penanganan (GTTP) Covid-19 ke Satgas. Sehingga di masa pandemi, Pemkot terus memakai istilah GTTP Covid-19.

Menggunakan istilah GTTP Covid-19, sambung dia, Pemkot akan menggantikan dengan Satgas jika ada Juknis dari GTTP Covid-19 Nasional ke GTTP Covid-19 di daerah terkait pergantian dimaksud.

“Sampai saat ini Juknis-nya belum ada dari gugus tugas nasional. Yah, kalau sudah Kita (Pemkot) akan menyesuaikan,” cetusnya.

Disebutkan, walaupun istilah GTTP Covid-19 diganti dengan Satgas, tetapi tidak mengurangi penanganan kasus Covid-19 yang kini kembali memprihatinkan di Kota bertajuk Manise ini.

“Soal nama gugus tugas ataupun satuan tugas, tapi prinsipnya tugas terkait percepatan penanganan tetap dilakukan. Intinya disitu,” tandasnya. (BKA-1).

Comment