by

Pemkot Masih Kaji Benteng Victoria

Demi kelancaran rencana revitalisasi Benteng Victoria Ambon, Pemerintah Kota lewat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) masih akan melakukan kajian.
Kepala Bappeda Kota Ambon, Enrico Matitaputty mengatakan, dalam membuat pengkajian, Pemkot akan dibantu Pemerintah Pusat melalui Dirjen Kebudayaan Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Yang pasti langkah awal kita akan buat kaijan. Karena kajian itu adalah pintu masuk. Kami (Pemkot) tidak sendiri. Kami akan dibantu dari Dirjen Pendidikan dan Kebudayaan RI,” beber Enrico, kepada wartawan, Jumat (28/5).

Menurut dia, proses pengkajian akan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Dan jika semua sudah siap, tim ahli segera melakukan pengkajian. Agar ketika selesai, sudah bisa masuk ke tahapan lanjutan.

“Nantinya dianggarkan di APBD Perubahan. Dan tim ahli akan mengawal kita dan bantu kita secara teknis, untuk buat kajiaan karena dengan kajian ini kita bisa masuk pada semua tahapan. Apalagi semua data sudah dikantongi,” sebutnya.

Dia menambahkan, revitalisasi Benteng Victoria akan dibangun yakni tempat ibadah, amphiteater dan ruang pertunjukan terbuka, open air museum dengan tipikal rumah presiden, open space amusement, joging track, dan main entrance.

“Semua konsep bangunan ini kita sudah siapkan dan kami sudah bagikan dalam beberapa zona. Untuk main entrance sendiri itu ada dua, yakni gerbang darat dan gerbang laut. Yang pasti kita akan upayakan ini segera selesai,” pungkasnya. (IAN)

Comment