by

Pemkot Pertimbangkan Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon masih mempertimbangkan pemberlakuan proses belajar tatap muka di sekolah pada awal 2021 mendatang, baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, mengungkapkan, berdasarkan pertimbangan kondisi saat ini, Kota Ambon belum dimungkinkan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah pada 2021 mendatang. Sebab saat ini, Kota Ambon masih berada pada zona orange.

Rencana pembelajaran tatap muka di sekolah pada Januari 2021 mendatang, merupakan kebijakn Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Nadiem Makarim. Namun pemberlakuan kebijakan itu dikembalikan ke masing-masing pemerintah daerah, disesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 di daerahnya.

“Soal pembelajaran tatap muka, kebijakan dari pak menteri itu, 2021 bakal mulai pembelajaran tatap muka. Tapi itu tergantung dari pada pemerintah daerah. Itu keterangannya menteri,” sebut Louhenapessy, Minggu (13/12).

Di Provinsi Jawa Tengah, terangnya, pemerintah setempat sempat mengijinkan sekolah melakukan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena para siswa terpapar Covid-19.

Untuk itu, Pemkot Ambon tidak berani mengambil resiko untuk mengijinkan proses belajar tatap muka di sekolah.

Dia mengaku, hal itu bisa diijinkan bila telah dilakukan langkah vaksinasi Covid-19 kepada guru maupun siswa. “Idealnya, kalau mereka sudah vaksinasi semua, nah baru itu kita bisa beraktifitas kembali. Tapi saya sudah tugaskan Dinas Pendidikan untuk antisipasi kemungkinan,” kuncinya. (BKA-1).

Comment